Tim Provinsi Nilai Desa Lanto – Butonpos
Suara Buton Tengah

Tim Provinsi Nilai Desa Lanto

Ketua Tim Penilai Lomba Desa dan rombongan diberi pengalungan bunga saat kedatangan mereka disambut di Desa Lanto, kemarin

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Tim penilai mengadakan penilaian di Desa Lanto, Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng) yang mewakili Kabupaten Buton Tengah (Buteng) dalam lomba desa tingkat Provinsi Sultra, Rabu (17/5).

Kedatangan rombongan tim penilai lomba desa yang diantar Ketua TP-PKK Buteng itu disambut baik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buteng dengan pengalungan bunga dan suguhan tarian penyambutan yang dibawakan gadis-gadis Desa Lanto sebelum memasuki tempat acara tatap muka di halaman kantor desa.

Penyambutan sendiri dipimpin Asisten I La Saripi bersama Camat Masteng Razudin dan Kades Lanto Suyuti. Dibelakang ketiganya berbaris para Kepala SKPD, unsur Muspika, pengurus TP-PKK dan Dharma Wanita Kabupaten Buteng, para perangkat dan masyarakat Desa Lanto.

Mengawali laporannya, Kades Lanto Suyuti mengucapkan selamat datang kepada rombongan tim penilai lomba desa. Selanjutnya dia menuturkan sejarah Desa Lanto yang sudah melewati 10 pimpinan Kades, batas wilayah, potensi dan keunggulan, serta berbagai keberhasilan pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan kemasyarakatan.

Asisten I Setda Buteng La Saripi yang membacakan sambutan bupati menuturkan keberhasilan Desa Lanto dalam meningkatkan sarana dan prasarana, pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang ditunjang dengan potensi pelabuhannya dipandang pantas ditunjuk sebagai wakil Kabupaten Buteng dalam lomba desa tingat Provinsi Sultra tahun 2017.

“Berdasarkan capaian-capaian keberhasilan itu, kami berkeyakinan Desa Lanto akan mendapat peringkat terbaik dalam penilaian lomba desa tingkat Provinsi Sultra tahun 2017,” katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Saila dalam sambutannya mengatakan optimisme dan keyakinan Pemkab Buteng terhadap Desa Lanto tersebut akan dibuktikan pihaknya melalui penilaian berdasarkan item-item yang sudah ditetapkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Rombongan tim penilai yang akan menilai Desa Lanto ini terdiri dari 15 orang, dimana masing-masing melakukan penilaian satu indikator sesuai yang ditugaskan,” terangnya.

Indikator yang dinilai tersebut diantaranya pendidikan dan tanggap bencana alam, kesehatan, ketentraman, ketertiban dan kerawanan sosial, pemberdayaan dan kelembagaan masyarakat, informasi dan tekhnologi, Bumdes, pasar desa, ekonomi masyarakat, pembangunan desa dan sarana prasarananya, administrasi pemerintahan desa dan perencanaan peningkatan kapasitas aparatur desa.

Prev1 of 2

Click to comment

BERITA POPULER

To Top