Tingkatkan Pendapatan BPD, La Bakry Harap Berdayakan BUMDes – Buton Pos
Suara Buton

Tingkatkan Pendapatan BPD, La Bakry Harap Berdayakan BUMDes

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, BUTON-Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa (ABPD) Kabupaten Buton menggelar musyawarah Besar (Mubes I) di gedung Wakaka, Kecamatan Pasarwajo, Minggu (10/11/2019).

Giat ini bertemakan memperkokoh silaturahin badan permusyaratan desa dalam bingkai lembaga asosiasi menunju optimalisasi peran dan fungsi BPD dalam mengawasi Dana Desa.

Mubes ini dibuka langsung Bupati Buton La Bakry. Dalam kesempatannya, ia menjelaskan kesempatan ini merupakan hari bersejarah untuk seluruh BPD di Buton dimana mereka telah menyelenggarakan musyawarah pertama.

Bupati menjelaskan mubes ini diharapkan dapat dilandasi dengan niat yang baik dalam menggandeng kepala desa meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui pemanfaatan dana desa.

“Mudah-mudahan musyawarah ini, sosiasi ini tetap pada tujuannya dalam bersama-sama kepala desa meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, meningkatkan pemanfaatan dana desa yang alokasi dana desa semata-mata untuk kepentingan bersama di desa,” ujarnya.

Tidak hanya itu, La Bakry juga menanggapi permintaan PBD terkati honorarium. Menurut dia, honorarium merupakan bentuk penghargaan dalam penghormatan.

“Tapi nanti ada yang bilang, pak Bupati tidak bisa kita bawa kehormatan itu di tokoh,” kelakar La Bakry sembari tersenyum.

La Bakry menjelaskan permasalahan serupa tidak hanya di alami anggota BPD saja, malainkan juga para organisasi perangkat daerah kabupaten Buton. Kata dia, dikala OPD daerah lain telah mendapatkan tambahan penghasilan melalui Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP), berbeda dengan Buton, sampai saat ini belum mampu di penuhi.

Hal ini kata dia, di sebabkan oleh rendahnya pendapatan asli daerah. Meskipun begitu, orang nomor satu di pemerintahan Kabupaten Buton itu berkominten untuk meningkatkan pendapatan asli daerah melalui pemanfaatan aspal Buton.

“Tapi karna PAD kita masih rendah kita dengan tertati-tati terpaksa saya meminta teman-teman ada ribuan pegawai kabupaten untuk bersabar. Kita tingkatkan dulu kita punya PAD,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mengharapkan BPD dan Kepala desa secara bersama-sama memperdayakan Badan Usaha milik desa agar perekonomian di desa menjadi meningkat. Dengan demikian pendapatan anggota BPD dapat meningkat melalui pendapatan asli desa

“Saya ucapkan selamat bermusyawarah. Saudaraku-saudaraku sekalian gunakan momen ini untuk membangun silaturahim untuk kepentingan kita. Dan utamakan musyawarah mufakat. Lalu kemudian kepengurusan itu membangun untuk kebersamaan. Niatkan untuk kemashalatan dan kepentingan masyarakat,” ujarnya.( Cro2)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top