Transisi Ekonomi 2019, Pemda Harus Lebih Progresif – Buton Pos
Suara Sultra

Transisi Ekonomi 2019, Pemda Harus Lebih Progresif

BUTONPOS.COM, KENDARI – Stabilitas pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tenggara (Sultra), sering dipengaruhi belanja pemerintah daerah (Pemda) dan aktivitas politik yang ada. Nah, tahun 2019 menjadi tahun politik. Kondisi ini diperlukan kebijakan Pemda yang harus lebih progresif dan lebih sensitif melihat kondisi masyarakat.

Demikian diungkapkan praktisi ekonomi Sultra yang Dosen Ekonomi Unhas, Abdul Rahman Farisi SE MSE. “Memasuki tahun 2019, ekonomi akan terjadi transisi dan banyak dipengaruhi oleh aktivitas politik serta belanja pemerintah daerah. Sehingga kondisi ini diperlukan kebijakan pejabat Pemerintah Daerah yang harus lebih progresif dan lebih sensitif melihat kondisi masyarakat,” jelasnya.

Farisi memaparkan, kondisi saat ini terjadi ribuan aktivitas politik di semua level, terutama memasuki kampanye bagi calon presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD yang akan melibatkan banyak orang.

“Tentunya ini akan menjadi bagian yang menggerakkan ekonomi dari sisi konsumsi. Tetapi ekonomi yang stabil sebenarnya bukan dari sisi yang stabil, namun dari sisi investasi dan dari sisi government ekspektasi. Dari sisi investor terutama yang berskala besar cenderung akan menunggu sampai ada hasil Pemilu 2019, yakni pada bulan April,” tuturnya.

Lanjut Farisi, karena sudah tentu setiap rezim punya gerbong, baik itu gerbong pengusaha, gerbong politik dan lain sebagainya. Jadi memang harus berharap banyak mengenai ekonomi dari sisi konsumsi dan government.

“Pasca April, setelah terpilihnya pemimpin baru, ekonomi kita sudah kembali normal, bahkan jika para investor melihat pemerintah yang terpilih lebih baik, maka mereka akan lebih progresif. Tentu kita berharap pemerintah yang terpilih nanti baik Jokowi maupun Prabowo, oleh pelaku ekonomi dianggap sebagai kelompok yang lebih pro terhadap dunia usaha, sehingga ekonomi kita akan bergerak lebih cepat,” harapnya.

Untuk Sultra kata Boge (sapaan akrab Abdul Rahman Farisi), jika sektor pertanian, perikanan dan pertambangan bergerak, maka ekonomi Sultra 2019 akan lebih meningkat. Terlebih dengan kepemimpinan Gubernur Sultra, Ali Mazi dan Wagub Lukman Abunawas, serta para bupati/walikota di Sultra, pihaknya optimis stabilitas ekonomi di daerah akan lebih baik. Belanja daerah oleh setiap Pemda juga akan lebih menyentuh pada konteks kesejahteraan rakyat.

“Mudah-mudahan dengan Gubernur Sultra Ali Mazi lebih sensitif oleh isu kepentingan orang banyak, demi kesejateraan seluruh masyarakat Sultra, serta penataan belanja daerah di setiap kabupaten, juga pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat meningkat serta kemiskinan menurun dari tahun ke tahun,” pungkasnya. (m4)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top