Tunggakan Sertifikasi Guru Bombana Segera Dicairkan – Buton Pos
Suara Bombana

Tunggakan Sertifikasi Guru Bombana Segera Dicairkan

Bupati Bombana, H Tafdil dan Wakilnya, Johan Salim

BUTONPOS.COM, BOMBANA – Kebijakan Bupati Bombana H Tafdil dan Wakilnya Johan Salim untuk segera melunasi tunggakan daerah merupakan langkah bijak yang patut diapresiasi. Setidaknya, hadirnya instruksi itu menjadi angin segar bagi guru penerima tunjangan sertifikasi serta rekanan pihak ketiga atau kontraktor.

Para guru sertifikasi sempat meradang, akibat haknya tiba-tiba “diamputasi” atau tidak dicairkan. Peristiwa pilu itu, terjadi sekitar akhir tahun 2016 lalu. Entah mengapa, dana sertifikasi guru untuk triwulan ke IV atau Oktober, November dan Desember 2016 tidak kunjung dibayarkan.

Luka bagi tenaga pengajar itu, senasib dengan rekanan atau pihak kontraktor. Kendati pekerjaan sudah selesai dikerjakan, namun anggarannya “disumbat” alias tidak dicairkan. Tanggung jawab Pemkab Bomana dimata kontraktor ketika itu berada di titik nadi.

Keresahan atas kenjanggalan yang terjadi sebelumnya itu, seolah berbanding terbalik di era kepemimpinan Tafdil-Johan Salim saat ini. Setidaknya, putra terbaik Bombana yang terpilih memimpin 2017-2022 ini sudah memberi harapan segar soal tunggakan itu.

Meski kejadian pilu itu di luar kepemimpinannya, akan tetapi pasangan dengan akronim Bertahan ini (Bersama Tafdil-Johan) ketika terpilih, keduanya ikhlas dan nyatakan sikap bersedia menanggung tunggakan yang terjadi di era pendahulunya itu.

“Itu harus dilunasi. Kasian para guru-guru penerima sertifikasi dan juga pihak rekanan (kontraktor) kita. Saya tidak ingin ada tunggakan sebelum masuk tahun anggaran 2018 nanti,” tegas Tafdil.

Ketua PAN Bombana ini memaparkan, tahun 2018 nanti, Program Gembira 2 yang diumbar saat kampanye Pilkada lalu siap diluncurkan. “Makanya disisa tahun 2017 ini, belum banyak kita perbuat, selain sisa waktu yang mepet. Kita juga diperhadapkan untuk melunasi tunggakan yang lalu itu. Namun begitu, kita sudah menyusun RPJMD, sehingga memasuki 2018 nanti, semua program yang disusun siap eksen,” tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya. RPJMD Bombana 2017-202 tuntas. Sementara tunjangan sertifikasi guru dan tunggakan pihak ketiga segera dibayarkan. Anggaran itu sudah terplot dalam postur APBD Perubahan sekitar Rp 56, 7 miliar. Dengan rincian, untuk dana tunggakan sertifikasi guru triwulan IV tahun 2016 sebesar Rp 10,7 miliar, sementara tunggakan pihak ketiga sebesar Rp 46 miliar. (dar)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!