Umumkan Panwascam, Panwaskab Tetap Buka Tanggapan Masyarakat – Butonpos
Suara Buton Tengah

Umumkan Panwascam, Panwaskab Tetap Buka Tanggapan Masyarakat

helius udaya

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Panwaslu Kabupaten Buton Tengah (Panwaskab Buteng) telah mengumumkan secara resmi 21 nama anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dari tujuh kecamatan yang ada, Minggu (8/10) sore. Masing-masing kecamatan diluluskan satu orang gender, minus Kecamatan Mawasangka.

Para anggota Panwascam yang telah lolos tes wawancara ini selanjutnya tinggal menunggu pelantikan yang akan digelar di Gedung Azzahra Lakudo, Selasa (10/10) pagi.

Ketua Panwaslu Kabupaten Buteng Helius Udaya mengatakan, 21 anggota Panwascam yang diluluskan pihaknya tersebut dipastikan adalah mereka-mereka yang sudah teruji punya integritas, kapabilitas, dan kemandirian untuk mengawasi proses pelaksanaan Pilgub 2018 di kecamatannya masing-masing nanti.

Pasca pengumuman 21 anggota Panwascam ini, pihaknya tetap membuka diri untuk menerima tanggapan dan masukan dari masyarakat terhadap nama-nama yang sudah diluluskan tersebut. “Sampai sejauh ini kami belum menerima tanggapan masyarakat secara tertulis, sehingga kami anggap mereka bersih dari keterlibatan anggota partai politik (Parpol),” ungkap Helius kepada Buton Pos.

Jika misalkan pasca pengumuman ini, tiba-tiba ada tanggapan masyarakat yang melaporkan secara tertulis diserta bukti-bukti konkrit adanya keterlibatan anggota Parpol dari salah satu atau lebih anggota Panwascam yang sudah lulus tersebut, pihaknya akan tetap memprosesnya.

“Jika terbukti dan punya nama di SK kepengurusan Parpol yang bersangkutan, maka kami pastikan akan kita berhentikan dan menggantinya dengan nama yang nilainya urutan keempat,” tegasnya.

Helius juga membeberkan, pihaknya meloloskan gender di masing-masing kecamatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. “Minus Kecamatan Mawasangka yang tidak ada gendernya, karena sejak awal pendaftarnya tidak ada perempuan,” katanya.

Calon doktor ini berharap bekerja dengan obyektif mengawasi pelaksanaan Pilgub 2018 dan bisa melaksanakan tugas awalnya mengawasi perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan dilaksanakan mulai 12 Oktober 2017.

“Pasca dilantik, para anggota Panwascam langsung kita beri bimbingan teknis (Bimtek) selama tiga hari terkait tugas-tugas mereka dalam melakukan pengawasan penyelenggaraan pemilihan gubernur (Pilgub) Sultra 2018,” tutupnya.

Untuk diketahui, anggota Panwascam yang lulus di Kecamatan Gu yakni Ali Idris Siarkanasa AMd, Asriyanti AMa, dan Rinto Firmus SPd. Kecamatan Lakudo yakni Azwar ST, Mukhsin SPd SD, Ridar Fyan Santy Sofian ST. Kecamatan Sangia wambulu yakni La Ode Hamimu, La Ode Munawir SIP, dan Munwati.

Kecamatan Mawasangka yakni Drs Muh Anine Biru, La Ode Abdul Karim SPd, dan Muhamad Alwi Miyla SPd. Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng) yakni Darwin SH, Lilis Kandar SSos, dan Sairun. Kecamatan Mawasangka Timur (Mastim) yakni Asrul Akbar SPd, Milawati SPd, dan Thaluddin SPd. Kecamatan Talaga Raya yakni Fifi Fitri SE, Samiudin Adam SPd, dan Yusmar Basri.(uzi)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top