UN 2019 Dimajukan, Mendikbud Data Sekolah yang Kekurangan Komputer – Buton Pos
Nasional

UN 2019 Dimajukan, Mendikbud Data Sekolah yang Kekurangan Komputer

BUTONPOS.COM, JAKARTA – Ujian Nasional (UN) 2019 akan digelar dalam waktu dekat. UN 2019 rencananya akan dilaksanakan dalam sistem, yakni Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP).

Saat ini, seluruh sekolah tingkat dasar, menengah, hingga atas mulai persiapan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, pihaknya sudah sangat siap melangsungkan UN.

Dia berharap, seluruh sekolah bisa menggunakan sistem UNBK. Atas dasar itu, ia pun menginstruksikan jajarannya untuk mendata sekolah, terutama SMP yang belum siap melaksanakan UNBK.

“Sudah sangat siap ujian nasional, hanya tinggal menambah volume tingkat partisipasi terutama SMP kami targetkan 80 persen. Oleh karena itu saya minta dari Kemendikbud untuk menyisir, bekerja sama dengan kabupaten/kota, mendata sekolah SMP mana yang secara prasarana masih belum siap,” ujarnya saat ditemui di Pusat Arsip Kemendikbud, Ciketing, Bekasi, Senin (25/2).

Kemendikbud akan mengupayakan bantuan-bantuan untuk mendukung sekolah tersebut, dari pusat maupun daerah. “APBD kemudian DAK yang ada dari Kemendikbud dan termasuk bantuan dari pusat nanti supaya difokuskan untuk mempercepat sekolah-sekolah yang belum bisa mengikuti UNBK karena alasan sarananya belum ada,” tegas dia.

Tak hanya itu, dirinya juga fokus terhadap sekolah-sekolah yang terdampak bencana. Seperti yang diketahui, bencana alam yang terjadi menjelang akhir 2018 hingga awal 2019 banyak menyebabkan kerusakan di sejumlah fasilitas belajar mengajar.

“(Termasuk sekolah terdampak bencana) pasti, pasti. Malah itu kita utamakan,” pungkas Muhadjir.

Adapun jadwal UN tahun ajaran 2018/2019 dimajukan satu bulan lantaran akan diselenggarakannya Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) serentak pada 17 April 2019 mendatang. Pelaksanaan UN SMK/MAK dijadwalkan mulai 25-28 Maret.

Sedangkan untuk SMA/MA/SMAK akan dilaksanakan pada 1, 2, 4, dan 8 April. Kemudian, siswa SMP/MTs akan mengikuti UN pada 22-25 April. Selanjutnya, SD/MI/SDTK/SPK yakni pada 22-24 dan 26-30 April. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top