UN 2019, Sembilan SMP di Buteng Siap UNBK – Buton Pos
Suara Buton Tengah

UN 2019, Sembilan SMP di Buteng Siap UNBK

BUTONPOS.COM, BUTON TENGAH – Dari 38 SMP yang ada di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), tercatat hanya sembilan SMP saja yang benar-benar siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) April nanti. Sementara lainnya hanya bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP).

Kadis Pendidikan dan kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Buteng Abdullah, mengatakan dari 38 SMP yang terdiri dari 34 sekolah negeri dan empat sekolah swasta, ada 27 SMP yang diusulkan pihaknya untuk mengikuti UNBK 2019 ini. Namun setelah dilakukan survei dan evaluasi dari pihak provinsi, hanya sembilan SMP saja yang dianggap siap.

Sembilan SMP tersebut yakni SMPN 1 Buteng, SMPN 3 Buteng, SMPN 4 Buteng, SMPN 6 Buteng, SMPN 10 Buteng, SMPN 11 Buteng, SMPN 15 Buteng, SMPN 18 Buteng, dan SMP Bina Bakti (Swasta). “Itu saja yang benar-benar siap melaksanakan UNBK tahun ini,” ungkap Abdullah ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.

SMP lainnya, setelah dilakukan survei dan evaluasi terkendala dengan sarana dan prasarana komputer maupun jaringannya. “Kalau kita mau paksakan, sebenarnya bagi SMP yang dekat dengan SMA bisa nebeng UNBK di SMA terdekat tersebut. Tapi kita takutnya berimbas pada psikologi anak-anak dan pada akhirnya berakibat pada hasil ujiannya yang rendah,” tukasnya.

Apalagi, dalam mengikuti UNBK ini peserta ujian harus banyak latihan dan efektifnya dilakukan di sekolah sendiri karena tidak repot. “Nanti 2020 kita upayakan semua SMP di Buteng sudah UNBK. Mungkin yang kita prioritaskan pengadaan server yang terkoneksi dengan jaringan dari pada memperbanyak unit komputernya. Paling banyak setiap sekolah cukup 20 unit komputer dan kalau kurang bisa kita taktisi dengan laptop pinjaman dari orang tua siswa atau orang lain,” papar Abdullah.

Ketua PGRI Kabupaten Buteng ini menuturkan, sembilan SMP yang siap melaksanakan UNBK tersebut saat ini terus melakukan latihan di sekolahnya masing-masing. “Rencananya 18 Maret akan dilaksanakan gladi yang soal-soalnya dikirim dari pusat secara online di sekolah masing-masing,” bebernya.

Untuk diketahui, peserta ujian nasional SMP di Kabupaten Buteng 2019 ini sebanyak 1.820 orang. Terdiri dari peserta laki-laki 924 orang dan perempuan 896 orang.(uzi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top