Upacara HUT Mubar Khidmat, Rajiun Ekspose Keberhasilan Pembangunan – Buton Pos
Suara Sultra

Upacara HUT Mubar Khidmat, Rajiun Ekspose Keberhasilan Pembangunan

LM. Rajiun Tumada

BUTONPOS.COM, MUBAR- Kabupaten Muna Barat (Mubar) merayakan hari jadinya yang ke lima, Rabu (9/10) diperingati upacara sebagai tanda lahirnya Mubar. Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) tersebut diikuti seluruh pejabat daerah, para stakeholder, serta elemen masyarakat.

Upacara yang dipimpin langsung oleh Bupati Mubar, LM. Rajiun Tumada itu turut pula dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Buton Tengah, Ketua DPRD Muna, serta beberapa tamu undangan lainnya. Kegiatan upacara berlangsung khidmat. Ada pembacaan sejarah singkat terbentuk Mubar, yang dibacakan oleh Asisten 1 Setda Mubar, Nasir Kola.

Dikesempatan itu LM. Rajiun Tumada, merefleksi keberhasilan pembangunan daerah selama 5 tahun pasca memisahkan diri dari Kabupaten Muna. Katanya sebelum menjadi daerah otonomi baru (DOB) jauh berbeda dengan keadaan sekarang. Saat masih bersatu dengan Muna, daerah ini nyaris tidak disentuh dengan pembangunan.

“Kucuran dana terbatas untuk membiayai kebutuhan seluruh kecamatan. Jadi terlihat jauh tertinggal dari daerah-daerah lain. Nanti mekar baru mulai menata diri dengan meletakan dasar pembangunan,”katanya.

Seiring dengan mekarnya Mubar, LM. Rajiun sudah memimpin dengan status sebagai pejabat bupati. Atas dukungan seluruh elemen ia mencanangkan percepatan pembangunan dengan titik beray infrastruktur

Sejak dilantik. Pj buoati dengam dukungan seluruh elemen kami mencanangkan percepatan pembangunan dengan tirik berat infrastruktur dasar jalan jembatan dan irigasi.

Pemkab mubar dalam mebjalankan tugas terus berupaya membangun kerjasama dengan kemwntwrian maupun daerah. Tidak lain dalam rangka percepatan pembangunan.
Dalam kuring dua tahu sebagai pj kamibtelah memwujudkan infrastruktur dasar jalan ringroad dua jalur dengan lebar 24 meter. Jalan kabupatn 126 km. Akses jalan sudah dilakuoan oebgaspalan untuk memvuka daerah isolasi dan memvuka akses ekonomi masyarakat. Dan sudah dirasakan oleh masyarakat.

22 mei 2017 telah memililo bupati defenitis. Seiring setelha pelantikan langsung melaksanakan tugas dengan oedoman visi misi saat kampanye yang tertuang dalam rpjmd.

Pembangunan pada saat pj dilanjutlan dan ditingkatkan untuk. Mengejar ketwrtinggalan.

Pwrhububgan dibanguan sarpras guba mengguna kelancara arus lalulintas. Pembanguan jembatan dan dermaga kontruski beton. Operasi veri tondasi. Maskia penerbanagan bandara Sugimanuru. Sekaligu membanguj vip. Hingga masuk zina keselamatan percontohan.

Disprindag dibangun pasar modern sinar surya. Pasar ini akan menjdi pebggeraknurat nadi ekonomi masyarakat. Pasar senrtra disiapkan dikampo balanao. Bidang industri kami datanh investir pabrik gula. Terdirinta pabrik aspal.

Pertanian,enyalurkan bantuan saroras pertanian traktor jonder, hand traktir, jalan usaha tani, jaribgan tersier bibit jagubg, kopi, kelapa, mangga, sapi, unggas.

Transmigrasi juga telah disiapkn lokasintran migraso. Pajet transmigrasi lokal. Pembangunan jalan lingkunagn desa.

Perumahan meliputi peningkatan jalan pemukiman seanjang 47 km. Pembabgunan sarana sanitasi, ipal, rtlh, bsps,.

Sosial bantuan kube 2.260 kk. Uep 500 kk.
Pendidikan bantuan pembanguan unut sekolah baru masibg2 15. Bansos 46 paket. Sd dan smp. Pengadaan pakaian seragam. Pemberian insentif bagi guru non pns.

Dukcapil perekaman ktp, kk dan akta kelahiran diberikan secara gratis. Termasuk surat nikah gratis.

Kesra, sarana ubadah sebanyak 45 masjid, 3 pure, dan 1 gereha. Pemberian tiket calhaj. pemberian

Diapora pon propinsi 2018 kita meraih peringkt 8. Diberikan penghargaan. (m3)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top