Upayakan Bansos Tepat Sasaran, Dinsos Buteng Siap Data Ulang Warga Miskin – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Upayakan Bansos Tepat Sasaran, Dinsos Buteng Siap Data Ulang Warga Miskin

Malik

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, LABUNGKARI – Banyaknya laporan masyarakat yang mengeluhkan bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah pusat tidak tepat sasaran karena masih menggunakan data miskin 2015, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) akan turun melakukan pendataan warga-warga miskin.

Pasalnya, ada Bansos seperti Program Keluarga Harapan (PKH) yang penerimanya sudah bukan kategori warga miskin lagi, sementara warga yang benar-benar miskin tidak mendapatkan bantuan karena tidak masuk dalam
Basis Data Terpadu (BDT) yang dipegang pemerintah pusat selama ini sebanyak 16.000 kepala keluarga (KK).

“2020 nanti kita akan turun melakukan pendataan ulang berdasarkan syarat kategori miskin pada semua desa dan kelurahan di Kabupaten Buteng,” ungkap Kadis Sosial Kabupaten Buteng, Malik, ditemui di kantornya, Selasa (5/11/2019).

Setelah semua data miskin masuk ditambah dengan data BDT yang dipegang pemerintah pusat selama ini, pihaknya kemudian akan melakukan verifikasi ke desa-desa dan kelurahan dengan melibatkan pihak-pihak terkait seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Kepolisian, dan bahkan unsur pers untuk diketahui bersama.

“Misalkan, kita sudah pegang data miskin dalam satu desa sekian ratus orang. Kemudian kita minta kepala desa menghadirkan warganya. Disitu, kita akan sebutkan nama yang masuk dalam data dan menanyakan langsung kepada masyarakat yang hadir apakah nama tersebut benar-benar kategori miskin atau tidak. Jika tidak masuk lagi kategori miskin, maka kita akan coret langsung dihadapan orang banyak kemudian kita buatkan berita acaranya,” papar Malik.

Setelah cara itu dilakukan pada semua desa dan kelurahan, maka akan diketahui berapa banyak warga yang masuk kategori miskin dan hasilnya sudah pasti valid. Bisa jadi akan bertambah dari 16.000 KK yang masuk DBT pusat selama ini atau malah berkurang karena banyak yang dicoret saat dilakukan verifikasi.

“Data valid itulah nantinya yang akan kita laporkan ke pusat untuk diinput dan masuk dalam BDT warga miskin Kabupaten Buteng. Target kita, Juni 2020 nanti data BDT warga miskin kita sudah terinput di pusat,” tandasnya.

Malik menambahkan, mereka-mereka yang masuk dalam BDT warga miskin tersebut dipastikan akan menerima semua Bansos dari pemerintah. Baik itu bantuan BPJS, KIP, KIS, rehabilitasi atau bedah rumah, Raskin, dan jenis bantuan lainnya. Begitu pula bila ada bantuan yang bersumber dari APBD, data BDT itulah yang selalu dipakai.

“Dengan berbagai jenis bantuan yang diterima tersebut, diharapkan dapat memperbaiki taraf hidup keluarganya untuk keluar dari status miskin. Dengan demikian, angka kemiskinan di Kabupaten Buteng dapat kita tekan dan turunkan setiap tahunnya karena bantuan yang diberikan pemerintah pusat maupun daerah sudah tepat sasaran,” jelasnya.(uzi)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top