Wa Radja Dirotasi, Dewan Berang – Buton Pos
Metro Baubau

Wa Radja Dirotasi, Dewan Berang

PUBLIKSATU.COM, BAUBAU – DPRD Kota Baubau naik pitam atas rotasi yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) terhadap Wa Radja dari Sekretaris Dewan (Sekwan). Wakil rakyat itu merasa kecewa tidak dilibatkan sebelum dilakukan pergantian itu.

Pemkot Baubau dianggap tidak menghargai lembaga legislatif. Sebab, dalam tata tertib DPRD pasal 190 ayat (4) mengatur bahwa Sekwan diangkat dan diberhentikan dengan keputusan Wali Kota atas persetujuan pimpinan DPRD setelah berkonsultasi dengan pimpinan fraksi.

“Etika inilah yang diabaikan oleh Pemkot terkait pelantikan hari ini. Secara kelembagaan, saya sebagai salah satu unsur pimpinan di DPRD sangat kecewa,” ujar Wakil Ketua DPRD Baubau, La Bara di kantornya, Senin (18/3).

Ia menegaskan, pimpinan DPRD Baubau yang dimaksud dalam tata tertib itu bersifat kolektif kolegial. Dengan kata lain setiap keputusan harus melibatkan Ketua dan Wakil Ketua.

“Kalau pun dari unsur pimpinan menyetujui, itu juga harus melalui rapat pimpinan. Tapi, sampai hari ini saya tidak pernah dikonfirmasi terkait itu,” ungkap Politisi PBB ini.

Dia mengakui, pada dasarnya, DPRD tidak mempersoalkan rotasi dan pergantian pejabat lingkup Pemkot yang dilakukan Wali Kota AS Tamrin. Begitu pun pemindahan seorang Wa Radja dari jabatan Sekwan.

“Tetapi, Pemkot jangan lupa DPRD itu ada dalam Undang-Undang Otonomi Daerah, apalagi ada juga di dalam tata tertib DPRD. DPRD ini bukan bawahannya wali kota, tapi kita mitra sejajar,” jelasnya.

Atas persoalan ini, tandas dia, pihaknya berencana mengagendakan rapat internal untuk menyampaikan sikap resmi. “Tetap ini akan kami tindak lanjuti dalam internal dewan,” tambah dia.

Untuk diketahui, Wa Radja dirotasi menjadi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Senin (18/3) kemarin. Posisi Sekwan untuk sementara dijabat Kabag Umum DPRD Baubau Yaya Wirayahman sebagai pelaksana tugas.(exa)

KETGAM FOTO:

PELANTIKAN: 26 pejabat Pemkot Baubau dilantik di Aula Palagimata, kemarin. Salah satu Wa Radja dilantik menjadi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

FOTO: IST

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top