Wabup La Ntau Buka Kursus Pelatih Lisensi D Nasional – Butonpos
Suara Buton Tengah

Wabup La Ntau Buka Kursus Pelatih Lisensi D Nasional

AKRAB: Wabup Buteng La Ntau berbincang akrab dengan instruktur pelatih Hanafing dan para peserta dari empat provinsi usai membuka kursus kepelatihan di Hotel Gulado

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Wakiil Bupati Buton Tengah (Buteng) Kapten Inf (Purn) La Ntau membuka secara resmi kursus pelatih sepak bola yang ingin mendapatkan lisensi D nasional di Hotel Gulado, Kecamatan Lakudo, Kamis (12/10).

Kursus kepelatihan berlisensi dasar tersebut akan dilaksanakan selama enam hari dengan diikuti 24 peserta dari empat provinsi, yakni Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), dan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Dari 24 peserta ini, satu diantaranya ada peserta tertua kelahiran 1960, yakni Paulus dari Provinsi Sulsel yang merupakan mantan pemain PSM Makssar. Kursus pelatihan ini dibawah insruktur Hanafing SE, salah satu instruktur pelatih AFC (The Asian Football Convederation) asal Makassar.

Wabup La Ntau dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para peserta yang datang dari kabupaten/kota di Sultra dan peserta dari Provinsi Sulsel, Sulut, dan Sulteng di Kabupaten Buteng.

Ketua PSSI Kabupaten Buteng ini menilai, melihat potensi olahraga sepak bola di Kabupaten Buteng, sebagai daerah otonom baru Pemkab Buteng bertekad memajukan sepak bola di Buteng dengan cara membangun sarana dan prasarana untuk mempercepat perkembangan olahraga sepak bola.

“Kita akan bangun stadion yang memenuhi standar, baik nasional maupun internasional dengan harapan sepak bola Buteng bisa lebih maju dan berdiri sejajar dengan daerah-daerah lainnya,” ungkapnya.

Sebagai Ketua PSSI Kabupaten Buteng, La Ntau berjanji kedepannya akan memprogramkan lagi pelatihan pelatih pada level nasional atau lebih tinggi dari lisensi D yang dilaksanakan saat ini. Sebab, pelatihan seperti ini merupakan bagian dari pengembangan SDM, khususnya di bidang olahraga sepoak bola.

“Kegiatan kursus pelatih untuk mendapatkan lisensi D yang dilaksanakan di Buteng, menjadi suatu kehormatan bagi kami sebagai daerah otonom baru yang ye4lah diberi kepercayaan oleh PSSI pusat untuk menyelenggarakan kegiatan ini walaupun dengan keterbatasan sarana dan prasarana,” tuturnya.

Kedepannya, PSSI Kabupaten Buteng akan menyelenggarakan ivent seperti ini lebih baik lagi dengan mempersiapkan terlebih dahulu semua sarana dan prasarana sesuai standar nasional, bahkan internasional sehingga dapat terlaksana dengan optimal dan nyaman.

Diakhir sambutannya, orang nomor dua di Kabupaten Buteng ini berpesan kepada peserta kursus pelatih yang berasal dari Kabupaten Buteng untuk mengikuti materi dengan baik agar dapat memajukan sepak bola Buteng.

“Kalau sudah memegang lisensi kepelatihan, harus menjadi pelatih yang profesional, jangan mengambil bibit atau pemain sepak bola dari keluarga atau kerabat, tetapi ambilah yang mainnya bagus dan disiplin,” harapnya.

Pembukaan kursus pelatih tersebut ikut dihadiri Kadis Pemuda dan Olahraga Anzar Zamilu, Kepala Badan Kesbangpol H Kasim, Kabag Kesra La Ode Abdullah, dan Sekretaris PSSI Kabupaten Buteng Jasman Harun yang ditunjuk sebagai asisten instruktur pelatih.(uzi)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top