Wahhhh, Abrasi Pantai di Buteng Mulai Memprihatinkan – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Wahhhh, Abrasi Pantai di Buteng Mulai Memprihatinkan

salah satu pantai di buteng yang mulai abrasi

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Maraknya penambangan pasir yang dilakukan penambang liar selama ini mengakibatkan sejumlah pesisir pantai di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) terancam mengalami abrasi. Sebut saja pantai di Kelurahan Lakudo, Desa Balobone dan Desa Kanapa-napa, Kecamatan Mawasangka yang pasirnya sudah habis hingga radius 100 meter dari bibir pantai.

Kondisi itu membuat Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Buteng, H La Alimudin SE MSi segera melakukan langkah-langkah pencegahan dengan menutup lokasi tambang pasir tersebut.

“Kita langsung melakukan penertiban dan menutup tempat-tempat tersebut dari aksi penambangan liar,” ungkapnya saat ditemui di kantornya, beberapa waktu lalu.

Untuk mempertegas langkah tersebut, pihaknya juga langsung menerbitkan surat pelarangan melakukan penambangan pasir tanpa izin beserta sanksinya supaya digunakan pemerintah setempat untuk menjerat para penambang liar. “Kita juga tetap akan melakukan pengawasan rutin sebagai badan yang berwenang,” tukasnya.

Ditanya seberat apa sanksi yang akan diterapkan nanti bila ada yang kedapatan atau tertangkap melakukan penambangan liar, mantan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Buton ini menegaskan akan menjeratnya dengan undang-undang pengrusakan lingkungan. Tapi, sebelum itu pihaknya akan memberikan teguran dan pembinaan terlebih dahulu.

Prev1 of 2

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!