Warga Wakatobi Dihimbau Jaga Kebersihan – Buton Pos
Suara Wakatobi

Warga Wakatobi Dihimbau Jaga Kebersihan

Para ibu-ibu Mola Raya Kecamatan Wangiwangi Selatan bersiap membersihkan pantai

BUTONPOS.COM, WAKATOBI – Puluhan masyarakat Mola Raya Kecamatan Wangiwangi Selatan mengikuti gerakan bersih pantai dan laut (GBPL), Kamis (9/11). GBPL, merupkan aksi pelestarian laut serta kecintaan pada budaya maritim bahari Indonesia.

Kegiatan yang diprakarsai Direktoral Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (KP3K) Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia ini, melibatkan pemerintah daerah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Wakatobi.

Mengawali sambutannya, Bupati Wakatobi H Arhawi SE, menerangkan sebagai salah satu daerah pariwisata nasional, pihaknya siapa mengawal program pemerintah pusat. Ia juga mendukung kegiatan tersebut.

Pada kesempatan tersebut juga Arhawi mengajak masyarakat Wakatobi agar selalu menjaga kebersihan lingkungan laut. “Kegiatan ini diharapkan bukan hanya kita laksanakan hari ini saja. Ibu-ibu juga agar selalu menyampaikan kepada keluarga kita agar jangan membuang sampah di sembaran tempat,” pintanya, Kamis (9/11).

Sementara itu, direktur KP3K Kementerian Perikanan dan Kelautan Ir Balok Budiyanto MM menghimbau agar masyarakat Wakatobi tidak mencemari lingkungan. Tidak membuang sampah disembarang tempat terutama sampah plastik. Hal tersebut mengingat pencemaran laut Indonesia sudah memprihatinkan.

“Menurut data dari Bank Dunia tahun 2015, Indonesia menempati urutan ke dua yang perairannya mengalami pencenaran. Jadi ada sebanyak 1,29 juta metik ton sampah yang ada di perairan Indonesia. (p10)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!