Waspada, Riwayat Perjalanan Pasien Covid-19 Baubau – Buton Pos
Metro Baubau

Waspada, Riwayat Perjalanan Pasien Covid-19 Baubau

ilustrasi

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau Sulawesi Tenggara (Sultra) secara resmi mengumumkan kasus dua pasien positif Corona atau Covid-19 pertama di daerahnya.

Pasien 1 wanita usia 26 tahun dan berprofesi sebagai ibu rumah tangga itu merupakan warga kelurahan Bukit Wolio Indah, Kecamatan Wolio. Pasien 2 laki-laki usia 55 tahun Klaster ABK KM Lambelu merupakan warga Kelurahan Lipu Kecamatan Betoambari.

Sebelum dinyatakan positif, kedua pasien ini memiliki riwayat perjalanan berbeda. Pasien 1 diketahui memiliki riwayat perjalanan dari Maluku, pulang ke Baubau dalam kondisi hamil tua dan melahirkan di RSUD Kota Baubau.

Sebelumnya pernah dilakukan rapid test awal namun hasilnya non reaktif. Namun setelah dilakukan rapid test kedua hasilnya reaktif dan hasil swab tes menununjukan hasil positif.

Adapun riwayat pasien 2 yaitu merupakan ABK KM Lambelu yang diinformasikan turun di Kota Baubau pada 06 April lalu, dan sebelumnya diinformasikan mengalami demam dan setelah dilakukan rapid test, menunjukan hasil yang non reaktif dan setelah dilakukan program 7-10 hari dan di tes kembali hasilnya reaktif dan setelah dilakukan swab tes menunjukan hasil positif.

“Pasien 02 adalah merupakan bagian dari Klaster KM Lambelu pasien ini terjaring oleh aktivitas tenaga survelens kita di puskesmas yang aktif mencari orang-orang yang belum terdata ataupun pendatang-baru,” ujar juru bicara Gugas Covid-19 Kota Baubau, dr Lukman saat konferensi pers, Minggu (26/04/2020) malam.

Lukman juga menjelaskan bahwa pasien 02 saat turun di pelabuhan Baubau tidak melewati protokol yang ada di pelabuhan Murhum, namun dirinya bisa terlapor berkat kerja dari Rt Rw di lingkungannya.

“Perlu diketahui bahwa tadinya pasien ini tidak turun melewati protokol yang ada di pelabuhan tapi karena aktifitas tenaga-tenaga surfelens beserta RT/RW sehingga bisa terlapor dan terjaring,” pungkasnya.

Saat ini kedua pasien tersebut telah di jemput oleh Tim Medis RSUD Baubau beserta aparat kepolisian dan BPBD dan telah menjalani isolasi di ruang isolasi RSUD Baubau.(adm)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top