Wujudkan 100 Hari Kerja Menuju Sultra Emas, Gubernur dan Wagub Mulai Tancap Gas – Buton Pos
Suara Sultra

Wujudkan 100 Hari Kerja Menuju Sultra Emas, Gubernur dan Wagub Mulai Tancap Gas

Gubernur Sultra H Ali Mazi dan Wakil Gubernur H Lukman Abunawas

BUTONPOS.COM, KENDARI – Gubernur Sultra H Ali Mazi dan Wakil Gubernur H Lukman Abunawas mulai melakukan tindakan nyata untuk menyukseskan program kerjanya menuju Sultra Emas. Setelah dilantik 5 September lalu, kini pasangan yang berakronim AMAN itu mulai blusukan ke daerah-daerah untuk menyerap aspirasi masyarakat.

Karo Kerjasama dan Komunikasi Publik Pemprov Sultra Dr H Harmin Ramba mengungkapkan, kunjungan kerja (Kunker) gubernur dan wakil gubernur (Wakgub) Sultra itu demi mewujudkan visi misi dan program kerjanya. Karena itu, dalam Kunkernya itu gubernur dan Wagub melakukan tatap muka dan diskusi dengan masyarakat.

“Kunjungan ini bukan hanya sekedar kunjungan kerja, namun dengan meninjau langsung di lapangan dan bertatap muka dengan seluruh masyarakat bisa menjadi tolak ukur pembangunan apa saja yang harus terlebih dahulu diselesaikan, demi kesejahteraan masyarakat di wilayah daratan dan kepulauan,” ungkap Harmin Ramba.

Dijelaskan, untuk mewujudkan visi misi Sultra Emas, AMAN memprogramkan lima poin utama untuk Sultra sejahtera dan aman. Yang pertama, Sultra sehat, yaitu program pelayanan kesehatan gratis yang diprioritaskan bagi masyarakat miskin dan kurang mampu.

“Sultra sehat dengan menyediakan sarana dan prasarana penunjang pelayanan kesehatan, seperti menyediakan tenaga medis, menempatakan perawat dan bidan di desa-desa, adanya bantuan ambulance dan Puskesmas keliling serta pemberian gizi tambahan bagi ibu hamil dan Balita,” beber Harmin Ramba.

Poin seterusnya, kata Pria yang biasa disapa Harmin, yaitu Sultra Cerdas, dengan maksud berupa program bantuan pendidikan gratis yang diprioritaskan bagi rakyat miskin. Serta beasiswa hingga keperguruan tinggi. Hal ini dilakukan dalam rangka peningkatan derajat pendidikan dan kualitas sumber daya manusia secara komperhensif.

“Kemudian bantuan untuk keluarga miskin dengan pemberian santunan bagi rakyat miskin setiap triwulan. Bukan hanya itu, memberikan pelayanan bedah rumah kepada masyarakat miskin yang tidak layak huni agar menciptakan rasa aman, sehat dan nyaman,” imbuhnya.

Berikutnya, pelestarian adat istiadat dan budaya Sultra. Kata, Hamin Ramba, Sultra sebagai daerah yang kaya dengan beragam tradisi, kearifan lokal harus tetap dijaga dan selalu dijaga kelestariannya.

“Demikian halnya dengan program keagamaan, melalui program Sultra Beriman, pemerintah akan memberikan bantuan pada rumah-rumah ibadah, pemberian intensif kepada guru ngaji dan imam masjid. Selain itu, pemerintah masih memiliki program umrah gratis pada imam-iman desa,” terangnya.

“Terakhir kita ada program Sultra Produktif, dalam mengatasi masalah pengangguran, kita telah menyiapkan program-unggulan. Diantaranya, memberikan pelatihan tata rias, perbengkelan, pertukangan, tata boga bagi masyarakat yang belum bekerja agar memiliki skill dan keterampilan untuk berwirausaha,” pungkasnya. (m4)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top