Yusran Fahim Komitmen, Geliatkan Kembali Perputaran Ekonomi – Buton Pos
Metro Baubau

Yusran Fahim Komitmen, Geliatkan Kembali Perputaran Ekonomi

Yusran Fahim dan H Ahmad

BUTONPOS.COM BAUBAU – Lesunya geliat perekonomian di tengah-tengah masyarakat Kota Baubau kurun waktu lima tahun terakhir ini mendapat perhatian dari pasangan calon walikota dan wakil walikota H. Yusran Fahim dan H. Ahmad Arfa. H. Yusran Fahim menegaskan bahwa beragam terobosan perlu dilakukan untuk memancing geliat perekonomian kota ini agar kembali bergairah.

Menurut Yusran, jika kelak terpilih sebagai wali kota maka di tahun pertama yang dilakukan adalah mendorong beberapa program strategis telah disiapkan segera direalisasikan, seperti mendorong lahirnya pengusaha baru, mendorong tumbuhnya komoditi unggulan di masing-masing kecamatan sesuai dengan karakter wilayahnya, serta mendorong agar kawasan yang berada di pintu gerbang Kota Baubau bisa tumbuh menjadi kawasan ekonomi baru.

Pria yang berlatar belakang pengusaha ini menjelaskan bahwa ditahun pertama dirinya bersama Pak Ahmad akan fokus mendorong lahirnya para enterpreneurship baru pada level start up, mendorong masyarakat di tiap kecamatan untuk menghasilkan produk unggulan sesuai karakter wilayahnya serta mendorong agar kawasan-kawasan yang berada di pintu gerbang kota agar bisa tumbuh menjadi kawasan ekonomi baru.

“Tugas pemerintah nanti harus komprehensif. Jadi tidak hanya mendorong lahirnya usaha kreatif tersebut, tapi juga memberikan pendampingan agak usahanya bisa stabil serta menyiapkan pasar bagi produk barang dan jasa yang dihasilkan. Sehingga usaha-usaha kreatif yang tumbuh ini menjadi moda penggerak ekonomi serta dapat menjadi penyerap lapangan kerja bagi masyarakat,” ungkapnya.

Yusran mencontohkan jenis usaha yang akan didorong untuk tumbuh harus melihat dan menjemput peluang pasar yang ada. Menurutnya ada banyak komoditas seperti ayam potong atau komoditas lain yang pasokannya masih bergantung pada daerah luar yang memungkinkan disiapkan oleh kota ini.

“Selama ini kita masih disuplai ayam potong dari luar Kota Baubau yang jumlahnya tidak sedikit. Kenapa tidak kita pikirkan untuk mendorong agar ada industri ayam potong yang tumbuh sebagai pemasok kebutuhan warga Kota Baubau. Tapi pada saat yang bersamaan, kita juga mendorong usaha pakan ternak juga untuk hadir sehingga bisa saling menopang. Usaha-usaha ini akan tumbuh dan tentu menyerap lapangan kerja,” urainya.

Selain itu juga masyarakat di masing-masing kecamatan akan kita dorong untuk mengembangkan komoditas unggulan sesuai dengan karakter wilayahnya. Di kawasan Bungi Sorawolio yang berkarakter pertanian maka akan di dorong lahir produk unggulan berbasis pertanian sehingga masyarakat bisa menerima langsung manfaat dari kebijakan tersebut.

“Kecamatan-kecamatan nanti akan kita dorong untuk menghasilkan komoditi unggulan yang sekaligus kita siapkan pasarnya. Kawasan Bungi Sorawolio misalnya akan kita dorong sebagai kawasan pertanian serta perkebunan dengan komoditi unggul di bidang itu. Jadi produk dari masing-masing kecamatan itu akan kita perbaiki kualitas serta pengepakannya agar bisa menjadi produk unggulan,” tambahnya.

Lebih lanjut Ketua Tim Pemenangan Amirul-Halaka (Amirulhak) pada Pilkada 2017 lalu juga akan mendorong pembangunan infrastruktur terminal penyangga di pintu gerbang kota Baubau sehingga kawasan-kawasan tersebut akan menjadi kawasan ekonomi baru yang akan berdampak pada perputaran ekonomi masyarakat disekitar kawasan tersebut.

“Kawasan yang menjadi pintu masuk kota Baubau akan kita bangunkan terminal penyangga agar aktivitas bongkar muat barang tidak langsung masuk kedalam kota tetapi harus singgah di terminal tersebut. Sehingga adanya aktivitas dikawasan tersebut tentu akan memberi dampak pada kawasan sekitar. Jadi kalau sudah ada infrastruktur terbangun di kawasan itu maka tentu akan bertumbuhan pula aktivitas ekonomi masyarakat disekitar situ,” tutupnya. (p20)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top