Zakat Fitrah di Buteng Rp 31.500 Per Jiwa – Butonpos
Suara Buton Tengah

Zakat Fitrah di Buteng Rp 31.500 Per Jiwa

asisten 1 la saripi dan kemenag buteng h mansyur serta kabag kesra, la ode abdulah saat rapat penetapan zakat fitrah

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Kadar atau nilai zakat fitrah berdasarkan perhitungan harga makanan pokok di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) tahun 2017 atau 1438 Hijriah ini sama dengan besaran tahun 2016 lalu, yakni Rp 31.500 untuk takaran beras dan Rp 17.500 untuk takaran jagung. Sementara untuk besaran Infak Rp 3.500 per jiwa.

Besaran zakat fitrah ini ditetapkan melalui rapat bersama antara Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Buteng dengan Pemkab Buteng, beberapa waktu lalu. Rapat tersebut dipimpin Asisten I La Saripi, Kepala Kemenag Buteng DR Mansyur, dan Kabag Kesra Setda Buteng La Ode Abdullah. Dihadiri para camat dan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) dari tujuh kecamatan yang ada.

Penetapan zakat fitrah sendiri mengacu pada ketentuan syar’i yakni 1 sha sama dengan 4 mud atau sama dengan 2,5 Kg, sama dengan 3,5 liter makanan pokok. Kemudian dikalikan dengan harga makanan pokok beras dan jagung di pasaran lokal Kabupaten Buteng.

“Dalam rapat tadi, diambil harga rata-rata yang tersebar di seluruh pasar lokal kecamatan yakni Rp 9.000 per liter. Sehingga bila dikalikan dengan 3,5 liter kewajiban zakat fitrah setiap muslim, besarannya kalau diuangkan sebanyak Rp 31.500 per jiwa,” ungkap Kepala Kemenag Buteng H Mansyur ditemui usai rapat.

Sementara untuk harga jagung yang tersebar di seluruh pasar kecamatan semua sama Rp 5.000 per liter. Sehingga bila dikalikan dengan 3,5 liter dan diuangkan menjadi Rp 17.500. “Kalau infaq disepakati Rp 3.500 per jiwa dan silahkan saja kalau ada masyarakat yang mau membayar lebih dari itu,” terangnya.

Pembayaran zakat fitrah ini melalui Badan Amil Zakat (BAZ) di desa atau kelurahan setempat yang biasanya bertempat di masjid masing-masing.

“Zakat fitrah dibayarkan paling lambat sebelum khatib naik mimbar membacakan khutbah idul fitri. Kalau sudah lewat dari itu namanya sudah sedekah,” pungkasnya. (uzi)

BERITA POPULER

To Top