Kunker di Buton, Irjen Kementan Menyerahkan Bantuan Bibit Jagung

  • Bagikan
Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian RI, Jan Samuel Maringka melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Buton. (Foto: Ist)
Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian RI, Jan Samuel Maringka melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Buton. (Foto: Ist)

“Pada kesempatan ini mewakili masyarakat Buton khususnya para kelompok tani di Desa Kuraa menyampaikan terima kasih atas bantuan yang disalurkan kepada kelompok tani yang dapat meningkat kesejahteraannya, bisa produktif dan juga bisa mendukung sektor-sektor lain terutama untuk sektor peternakan dalam rangka meningkatkan pasokan pakan ternak,” kata Bupati Buton.

Orang nomor satu di Buton ini berharap bantuan tersebut bisa terus berkelanjutan. Kita berharap ada lagi kelapa genja karena kelapa ini selain komoditas ekspor juga untuk dalam rangka ketahanan pangan jangka Panjang. Oleh karena itu dua tiga tahun lalu sampai tahun ini pemerintah daerah memprogramkan itu dengan dukungan pemerintah provinsi sehingga ke depan para petani itu memiliki masa depan yang konsisten dan juga diselingi dengan tanaman jangka pendek seperti jagung dan juga horti seperti yang disampaikan kelompok tani,” pungkas Bupati Buton.

Setelah melakukan kunjungan ke lahan pertanian, rombongan kemudian menuju ke rumah jabatan Bupati Buton, Pasarwajo untuk melaksanakan acara sambutan secara resmi dari Pemerintah Kabupaten Buton kepada rombongan Kementerian Pertanian dan penyerahan secara simbolis bantuan anakan pala dan pupuk kepada kelompok tani.

Irjen Kementan RI menyalurkan bantuan di Kabupaten Buton berupa benih tanaman jagung seluas 50 hektar dan bibit pala seluas 100 hektar.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton, Ma’mul Djamal mengatakan Kementan memberikan bantuan sekitar, 12.000 anakan bibit pala tersebut akan disebar di Desa Winning, Kecamatan Pasarwajo dan Desa Wasamba, Kecamatan Lasalimu.

Sementara untuk bibit jagung lanjut Ma’mul Djamal, akan ditanam di Desa Kuraa sebagai desa percontohan.

“Desa Kuraa, jadi percontohan, setelah itu akan berkembang di desa-desa lain,” ujarnya. (*)

  • Bagikan