Ketahanan Pangan, Bupati Muna Mendorong Warga Tanam Cabe dan Sayur

  • Bagikan
KETAHANAN PANGAN : Bupati Muna L.M. Rusman Emba didampingi sejumlah kepala OPD saat menghadiri gerakan tanam cabe di Desa Latampu. (Foto: Anuardin)
KETAHANAN PANGAN : Bupati Muna L.M. Rusman Emba didampingi sejumlah kepala OPD saat menghadiri gerakan tanam cabe di Desa Latampu. (Foto: Anuardin)

MUNA — Dalam Rangka pengendalian inflasi daerah, Bupati Muna, Rusman Emba menghadiri gerakan tanam cabe dan sayuran di Desa Latampu, Kecamatan Parigi, Selasa, 27/12/2022.

Gerakan ini sebagai upaya memperkuat ketahanan, kemandirian pangan dan pengendalian inflasi daerah.

Dalam sambutannya, Rusman Emba mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kecamatan Parigi, Dinas Ketahanan Pangan dan Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Kabupaten Muna yang telah memfasilitasi terlaksananya kegiatan gerakan tanam cabe dan sayuran.

“Semoga gerakan tanam cabe dan sayuran menjadi penggerak masyarakat Muna untuk memenuhi pangan sendiri dan juga sebagai sumber kesejahteraan keluarga,” ucapnya.

Rusman juga menyampaikan sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo kepada seluruh menteri, gubernur, Pangdam, Kapolda, bupati dan wali kota seluruh Indonesia ditegaskan bahwa agar seluruh masyarakat memiliki Sense Of Crisis terkait krisis pangan yang melanda dunia saat ini.

Menindak lanjuti arahan Presiden tersebut, Pemda Muna telah mengambil langkah konkret dalam pengendalian inflasi di antaranya mengintensifkan rapat-rapat TPID, melaksanakan operasi pasar.

Melaksanakan sidak ke distributor, retail dan pasar tradisional, melaksanakan koordinasi dengan daerah penghasil, merealisasikan dana perlindungan sosial untuk pengendalian inflasi dan gerakan menanam tanaman pangan dan membudidayakan hewan ternak pemasok protein seperti ikan dan telur ayam.

  • Bagikan