Pendaftar PPS di Busel, Sampolawa Terbanyak, Batuatas Buncit

  • Bagikan

Ketua KPU Busel Ari Azhari Apriadi mengatakan, tahapan terakhir adalah wawancara seluruh calon peserta PPS yang lolos seleksi tertulis. Yang melibatkan komisioner KPU dan sejumlah staf. Pihaknya juga sudah membagi tim masing-masing kecamatan. Lokasi wawancara tiap kecamatan akan digelar di ibukota masing-masing kecamatan. Terkecuali Kecamatan Batuatas digelar di Batauga.

Ia menjelaskan, tes wawancara merupakan bagian akhir dari seleksi terbuka calon anggota PPS sebelum KPU Kabupaten/Kota akan menetapkan tiga calon anggota PPS pada peringkat teratas.

“Tiga calon anggota PPS pada peringkat selanjutnya sebagai calon pengganti anggota PPS,” ucapnya.

Ia menambahkan, peserta yang berhak mengikuti tahapan wawancara merupakan Calon Anggota PPS yang dinyatakan lulus seleksi tertulis berdasarkan Pengumuman Penetapan Hasil Seleksi Tertulis.

“Materi wawancara meliputi pengetahuan kepemiluan, komitmen yang mencakup integritas, independensi, dan profesionalitas, rekam jejak Calon Anggota PPS dan  klarifikasi tanggapan serta masukan masyarakat,” ujarnya.

Menurut dia, hasil wawancara dalam bentuk penilaian dituangkan dalam formulir penilaian wawancara sebagaimana diatur dalam Keputusan KPU Nomor 534 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Keputusan KPU Nomor 476 Tahun 2022.

Pihaknya akan menguji para peserta dengan materi yang akan diuji dan diverifikasi rekam jejaknya. Materi tentang kepemiluan. Pengalaman pekerjaanya serta pengalaman organisasinya.

Ia menegaskan pihaknya menginginkan calon peserta yang terpilih nanti memliki pengetahuan yang luas soal kepemiluan, memiliki integritas, profesionalisme bekerja dengan menjunjung tinggi asas kepemiluan.

“Ini sangat penting karena PPS ini perpanjangan tangan KPU hingga di desa. Berhadapan dengan banyak dimanamika dan karakter masyarakat. “Jadi diharapkan mereka mampu mengahadapi masalah di lapangan, ” harapnya. (aga)

  • Bagikan

Exit mobile version