1,4 Jutaan PNS Terdampak, KemenPAN-RB Pangkas Nomenklatur Jabatan Pelaksana

  • Bagikan

Klerek adalah klasifikasi nomenklatur jabatan pelaksana yang melaksanakan tugas pelayanan administratif. Operator adalah klasifikasi nomenklatur jabatan pelaksana yang melaksanakan tugas teknis yang bersifat umum.Sementara, teknisi adalah klasifikasi nomenklatur jabatan pelaksana yang melaksanakan tugas teknis yang bersifat spesifik.

MenPAN-RB Azwar Anas mengatakan, pada prinsipnya KemenPAN-RB mendukung arah kebijakan atau pengusulan nomenklatur jabatan pelaksana yang bersifat umum dan tidak lagi spesifik berdasarkan kedudukan atau unit organisasi. 

“Konsep transformasi jabatan pelaksana ini adalah untuk menciptakan nomenklatur jabatan yang sifatnya dinamis,”.ujar Menteri Anas dalam sosialisasi PermenPAN-RB 1 Tahun 2023 tentang Jabatan Fungsional, Jumat (27/1).

Lanjut dijelaskan pada PermenPAN-RB 41/2018 setiap nomenklatur jabatan dibagi berdasarkan kualifikasi pendidikan minimal, tetapi belum mempertimbangkan unsur kompetensi.

Sehingga dengan adanya Nomenklatur Jabatan Pelaksana yang ditetapkan berdasarkan syarat dan tugas jabatan sesuai kebutuhan organisasi, transformasi manajemen SDM aparatur akan makin dikedepankan. 

“Penyederhanaan nomenklatur jabatan pelaksana ini akan memudahkan gerak birokrasi, menjadi lebih agile, lebih adaptif terhadap dinamika zaman,” pungkas MenPAN-RB Azwar Anas. (esy/jpnn) )

  • Bagikan