Selain media tersebut, pengadu juga dapat menyampaikan laporan secara daring melalui telepon selular namun cara ini juga dinilai masih memiliki kelemahan karena data dukung pelaporan tidak dapat diunggah dan di akses secara cepat.
Sehingga dengan diluncurkannya sarana pengaduan online berbasis digital melalui aplikasi Bapas BERANI, akronim dari Bapas Bersih Melayani maka diharapkan media pengaduan pada Bapas Baubau ter-upgrade sekaligus dapat menyempurnakan dan memberikan kemudahan serta manfaat bagi semua pihak, khususnya bagi pengadu maupun pengelola admin dan tim penanganan aduan.
Untuk diketahui penilaian layanan melalui aplikasi SUSAN dapat dilakukan oleh pengguna layanan di meja piket setiap kali selesai menerima layanan, sementara link/barcode aplikasi Bapas BERANI disematkan pada banner yang dipampang diarea-area strategis di Bapas Baubau dan di Pos Bapas Raha serta ke berbagai platfom media IT, yang menjadi website dan medsos-medsos resmi Bapas Baubau.
Diantaranya terdapat pada fitur aplikasi layanan website : www.bapasbaubau.org, Instagram : bapas_baubau_, facebook : Balai Pemasyarakatan Baubau, dan tweeter : Bapas_Baubau agar dapat memudahkan akses bagi publik, para pengguna layanan atau pemangku kepentingan lainnya.
Dengan diluncurkannya kedua aplikasi ini, Kepala Bapas Baubau, Sri Maryani berharap agar publik tidak perlu ragu untuk melaporkan jika mengetahui terdapat penyimpangan pelayanan yang dilakukan oleh oknum pegawai Bapas Baubau karena identitas pelapor dipastikan akan dijamin kerahasiaannya.(Darno)