Jokowi: Bendungan Ameroro Dukung Pariwisata Wakatobi

  • Bagikan
KUNKER: Presiden Jokowi didampingi Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto ketika melakukan blusukan di Bumi Anoa.(IST)

BUTONPOS.Konawe, Selasa (14/05/2024) Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo, pada kunjungan kerja hari ketiga di Sulawesi Tenggara (Sultra) mendatangi Kabupaten Konawe dan Kabupaten Kolaka Utara.

Pada kunjungan tersebut, Presiden didampingi Menteri Sekretaris Negara, Menteri PUPR, Menteri Kesehatan, Panglima TNI, Kepala Badan Pangan Nasional, Wakil Ketua Komisi V DPR RI. Presiden pun didampingi langsung Pj. Gubernur Sultra, Dr. Andap Budhi Revianto.

Presiden di Konawe

Presiden tiba di Kabupaten Konawe sekitar pukul 09.40 disambut Pj. Bupati Konawe Harmin Ramba dan Direktur RSUD Konawe.

Kunjungan di Konawe diawali dengan peninjauan RSUD Konawe. Terkait pelayanan kesehatan bagi masyarakat, Presiden menekankan, pastikan layanan rumah sakit disini baik, tadi saya liat di loket pendaftaran BPJS hasilnya baik. “Saya juga cek infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan yang ada di RSUD Konawe.”

Merespon arahan Presiden, Pj. Gubernur mengatakan, peninjauan yang dilakukan Presiden merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Pemerintah untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di seluruh Indonesia khususnya Provinsi Sultra.

Agenda Presiden di Konawe dilanjutkan dengan peresmian Bendungan Ameroro. Dalam sambutannya Presiden menyampaikan, “Air merupakan kunci bagi kehidupan manusia saat ini dan yang akan datang. Kita tahu bahwa di beberapa negara terjadi krisis air akibat perubahan iklim. Hal ini menyadarkan kita semua air merupakan elemen yang sangat penting bagi kehidupan manusia.”

Presiden menjelaskan bahwa Bendungan Ameroro merupakan bendungan ke-40 yang telah dibangun pada masa pemerintahannya.

“Pembangunan bendungan ini selesai pada akhir tahun 2023, dengan memakan biaya sebesar 1,57 T. Volume tampungnya 98,81 juta,” papar Presiden,”Saya harap manfaat bendungan ini lebih besar dari uang yang telah dikeluarkan.”

Sementara itu, Pj Gubernur berterima kasih mengingat Bendungan Ameroro ini dapat berfungsi sebagai pengendali banjir, sarana penyediaan air baku, dan dapat memenuhi listrik masyarakat karena merupakan PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro) serta nantinya destinasi wisata yang dapat dinikmati masyarakat Sulawesi Tenggara khususnya Kabupaten Konawe.

“Alhamdulillah, pembangunan Bendungan Ameroro dan pembangunan berbagai infrastruktur untuk mendukung pariwisata di Wakatobi telah selesai semoga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat dan mendorong Provinsi Sultra menjadi Provinsi yang maju, modern, dan sejahtera,” tegasnya.

  • Bagikan

Exit mobile version