Tambah Layanan Kemoterapi, dr H Sadly Salman SpOG: Investasi RSUD Baubau

  • Bagikan
dr H Sadly Salman SpOG

Dalam satu tahun bisa sampai berapa pasien yang menggunakan layanan itu di luar daerah?

Kalau jumlah pastinya saya tidak tidak bisa memberi gambaran. Cuman kalau seandainya setiap cabang keilmuan, mungkin lima sampai 10 orang kita bisa menemukan pasien-pasien dengan kanker yang bisa dilakukan kemoterapi.

Dan ini untuk wilayah Kepulauan Buton kita yang pertama?

Ya, insyaallah Kepulauan Buton sekitarnya ini Rumah Sakit Baubau karena statusnya sebagai Rumah Sakit rujukan, jadi kami ini yang pertama untuk mendapatkan alamat ini.

Tenaga spesialis kita sudah ada dok?

Ya, insyaallah dua orang tenaga spesies kami sedang mendapatkan wawancara untuk mengikuti fellowship di Kementerian Kesehatan di bagian ontologi.

Berarti dengan kata lain ini sudah ada gedung, peralatan, dan SDM sudah siap?

SDM sudah siap.

Jadi tinggal action saja dok?

Ya, insyaallah.

Kira-kira kapan mulai beroperasi?

Paling cepat ini tahun depan, karena persiapan bangunan dan alat serta nanti masih kita menunggu SDM yang pergi sekolah tadi. Kalau enggak salah mereka selama enam bulan untuk pengambilan fellowship.

Berarti dengan beroperasi ini bisa menambah omzet Rumah Sakit?

Yah, itu dia. Salah satunya sebenarnya kita bisa berharap ke masalah omzet, kedua terpenting kita bisa melayani masyarakat Baubau lebih paripurna lagi. Baubau dan sekitarnya.

Apakah ini ditanggung BPJS?

Kalau untuk kemoterapi, BPJS menanggung hampir semua pengobatan sekarang sih sudah ditanggung. Tapi kalau seandainya tidak punya BPJS, kami bisa nanti tetap melayani tapi sesuai dengan Perda yang ada yang kita bikin di Rumah Sakit.

Terkait dengan layanan ini apa yang dokter mau sampaikan kepada masyarakat khususnya pasien yang akan berobat di RSUD Kota Baubau?

Seperti yang kami harapkan agar masyarakat di Buton dan sekitarnya mempercayakan hal-hal kesehatan ini di RSUD Kota Baubau. Insyaallah kami akan selalu membuat improvisasi yang banyak untuk menambahkan layanan. Sehingga menjadikan Rumah Sakit ini jadi pusat rujukan, dan ini menjadi kebanggaan Buton Kepulauan.(***)

  • Bagikan

Exit mobile version