La Ode Aswad: Pastikan Program Provinsi Jalan di Baubau

  • Bagikan
La Ode Aswad

Saya belum bisa menyebut angka karena mungkin Senin baru kita bahas bersama ee tim. Tetapi diskusi kemarin belum ada hal yang baru, terkait dengan kegiatan yang sama sekali baru. Masih fokus kemiskinan, stunting, inflasi.

Untuk 2025 memang beberapa kegiatan mendukung program nasional kita siapkan. Walaupun angkanya kita belum sepakati, tapi programnya atau payungnya kita sudah siapkan. Untuk sinitas program nasional.

Misalnya PJ Wali Kota saat ini ingin membangun Baubau sebagai Hub Maritim. Karena memang sejarahnya Baubau dari zaman dahulu kala pelabuhan persinggahan kapal-kapal, baik yang ke Timur. Dari Timur ke Barat maupun dari Barat ke Timur. Itu juga tentu di dunia moderen menjadi faktor penguat, faktor pengungkit kita untuk membangun Hub Maritim.

Cita-cita PJ Wali Kota, untuk Hub Maritim bicara konektivitas. Bukan hanya konektivitas laut dan udara, malah beliau mengharapkan konektivitas digital. Berangkat dari Kota Baubau.

Pak Sekda tadi menyinggung soal sinergitas, setahu saya Sekda tidak hanya megurusi urusan Pemkot saja, tapi juga harus punya sinergi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Bagaimana Pak Sekda bisa menjelaskannya?

Baik, jadi betul sekali Pj Sekda atau Sekda disamping memastikan pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat, juga memastikan program nasional atau program Pemerintah Pusat bisa sinergi dengan program-program yang disusun oleh Pemerintah Kota Baubau. Termasuk sinergitas dengan program-program Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sekda memastikan bahwa itu bisa berjalan. Artinya Sekda, apabila ada program Pemerintah Provinsi yang ditempatkan di Baubau, Sekda berkewajiban memfasilitasi, mengkoordinasikan supaya program itu berjalan sesuai harapan, sesuai ketentuan yang berlaku.

Kita tidak ingin mengintervensi program kegiatannya, karena itu memang kewenangan Pemerintah Provinsi. Tugas saya disini membantu wali kota, mengkoordinasikan, supaya program-program Provisi Sulawesi Tenggara di Kota Baubau bisa berjalan sesuai dengan rencana, itu penting.

Pak Sekda mungkin bisa memberikan satu insight, katakanlah yang menjadi program provinsi disini salah satunya Monumen Oputa Yi Koo, banyak lagi hal-hal yang lain. Terkait dengan hal itu apa bisa sampaikan?

Seperti saya sampaikan tadi kita koordinasikan, kita fasilitasi, kita hubungkan dimana kendalanya. Kalau terkendala lokasi, mana menjadi tugas kami. Itu tadi, kita akan pastikan camat untuk mengawal.

Supaya pelaksanaan pembangunan patung Oputa Yi Koo selesai sesuai waktunya. Karena ini juga ikon. Kita harus bangga sebagai orang Buton.

Sultan Himayatuddin ditetapkan oleh pemerintah sebagai Pahlawan Nasional. Sebuah kebanggaan, Patung Oputa Yi Koo merupakan sebuah pengikat. Kita abadikan pahlawan begitu kecintaan kita.

Nah, karena itu kegiatannya provinsi, maka tentu kita ingin koordinasikan di sana. Di mana kendalanya, sepanjang itu menjadi kewenangan Kota Baubau.

Kita tidak akan urusi teknisnya. Kita akan membantu kelancarannya. Apa yang terkait dengan kewenangan kami disini, supaya dibangun selesai tepat waktu untuk semua program.

Apa yang Pak Sekda mau sampaikan kepada masyarakat apalagi kebetulan sekarang pada masa transisi?

Pertama, kepada para Pimpin OPD, seluruh ASN kita kompak, bersatu, bekerja bersama begitu untuk menuntaskan program-program pemerintah. Bagaimana memastikan semua pelayanan masyarakat berjalan. Bukan hanya berjalan pelayanannya, tapi kualitas layanan kita harus tingkatkan.

Menjadi tugas kita semua ASN, OPD kita bekerja sama, berkolaborasi, bergotongroyong, bersama-sama membangun Kota Baubau.

Nah kepada masyarakat, tentu kita berharap juga membantu pemerintah untuk menjaga kondusifitas wilayahnya masing-masing. Menjaga keamanan, ketentraman ketertiban diwilayah masing-masing melalui lurah, camar dan perangkatnya para RT, RW, dan semua pemangku kepentingan.

Sekali lagi, kalau Kota Baubau aman, tertib. Kota Baubau tidak ada yang mengganggu keamanan, saya pastikan masyarakat fokus untuk mencari kebutuhan hidupnya. Sebab kalau kota kita ini aman, semuanya bisa berjalan. Tapi kalau Kota Baubau ini tidak aman, pasti semua fungsi-fungsi juga layanan masyarakat terganggu.

Nah ini mari kita jaga bersama, keamanan, ketertiban bukan hanya tugas TNI/Polri tapi juga kita membantu tugas TNI/Polri. Sekali lagi, tanggung jawab bersama keamanan masyarakat di Kota Baubau.

Apa Pak Sekda yang mau sampaikan di Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan kita ini?

Baik, semangat kemerdekaan, memperingati Hari Ulang Tahun kemerdekaan, semangatnya selalu kita ambil. Tentu sudah banyak pengorbanan pahlawan, seperti berbagai himbauan kita baca di media sosial.

Kita bukan lagi diajak untuk berperang, kita diajak untuk mengisi kemerdekaan, membangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tema tahun ini secara nasional yaitu Nusantara Baru, Indonesia Maju. Saya harus juga menambahkan Nusantara Baru, Baubau Maju.

Jadi, Nusantara Baru, Indonesia Maju, Baubau Maju, begitu pesan saya. Selamat bagi seluruh masyarakat memperingati Hari Kemerdekaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 tahun 2024. Terima kasih.(***)

  • Bagikan

Exit mobile version