Alutsista Kurang Modern, Prabowo Paparkan Perang Rakyat Semesta – Buton Pos
Nasional

Alutsista Kurang Modern, Prabowo Paparkan Perang Rakyat Semesta

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dalam rapat kerja (raker) bersama Komisi I DPR RI di komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (11/11). (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Masih banyak persoalanyang harus dibenahi pada sektor pertahanan Indonesia. Modernisasi alutsista menjadi salah satu cara memperkuat pertahanan bangsa dari gangguan eksternal.

Pernyataan itu diungkapkan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dalam rapat kerja (raker) bersama Komisi I DPR RI di komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (11/11).

Pernyataan Prabowo itu didasari kondisi alutsista Indonesia saat ini yang belum sepenuhnya bisa menyaingi sejumlah negara maju. Oleh karena itu, Indonesia terpaksa mengusung sistem pertahanan perang rakyat semesta apabila negara ini terpaksa menghadapi perang.

“Mungkin prasarana kita bisa dihancurkan, tapi saya yakin Indonesia tidak mungkin bisa diduduki bangsa lain. Seluruh rakyat akan jadi komponen pertahanan negara,” kata Prabowo dalam rapat bersama Komisi I DPR RI di komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (11/11).

Perang rakyat semesta yang dimaksud Prabowo yakni seluruh komponen rakyat terlibat dalam bela negara. Mulai dari lapisan terbawah hingga teratas. Doktrin seperti ini sudah ditanamkan oleh negara sejak dahulu.

“Kita punya TNI sebagai komponen utama, kita harus bangun komponen cadangan yang nyata, ril, operasional, dan kita harus menyiapkan komponen pendukung dari seluruh komponen rakyat Indonesia,” imbuhnya.

Mantan Danjen Koppasus itu mengatakan, kebanyakan perang terjadi akibat persoalan penguasaan sumber ekonomi. Sekalipun diawali oleh ideologi, pada ujungnya akan bermuara pada ekonomi.

“Dalam pandangan saya, pertahanan harus dipandang sebagai sebuah investasi, bukan sekedar biaya,” ucap Prabowo.

“Kita yang bertanggungjawab di bidang pertahanan keamanan tidak boleh membiarkan Indonesia lemah. Dengan biaya berapa pun menurut saya Indonesia harus kuat, kalau tidak akan diinjak bangsa lain,” pungkasnya.(jawapos)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top