Bantu Korban Bencana, Dinkes Baubau Tunggu Permintaan Pemprov Sultra – Buton Pos
Metro Baubau

Bantu Korban Bencana, Dinkes Baubau Tunggu Permintaan Pemprov Sultra

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Baubau belum terlibat dalam misi kemanusiaan di lokasi yang terdampak banjir di Kabupaten Konawe dan Konawe Utara (Konut) lantaran belum ada permintaan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra.

“Sampai saat ini kita belum ada permintaan dari Pemprov Sultra. Pertimbangannya mungkin karena tim medis dari wilayah kepulauan terlalu jauh,” kata Kepala Dinkes Baubau, Wahyu dikonfirmasi di ruang kerjanya, Jumat (14/6).

Belum adanya permintaan itu, menurut dia, kemungkinan karena pihaknya jumlah tenaga medis yang ada di kabupaten/kota dalam wilayah daratan Sultra masih cukup memadai. Selain itu, akses mobilisasi bantuan dari kabupaten/kota wilayah daratan lebih mudah dan efisien.

“Sehingga, Pemprov masih menggerakkan kabupaten/kota seperti Kendari dan Kolaka. Kemudian, Pemprov juga memiliki instalasi farmasi sendiri dan memiliki stok obat-obatan yang cukup untuk para korban bencana,” ujarnya.

Kendati begitu, tutur dia, pihaknya cukup siap untuk mengirimkan tenaga medis ke lokasi bencana bila sewaktu-waktu diminta Pemprov Sultra. Pihaknya akan mengatur sesuai kapasitas bantuan tanpa menggangu pelayanan kesehatan di Kota Baubau.

“Namanya kita saling menolong antar wilayah untuk bencana dalam keadaan darurat seperti itu tidak ada tawar menawar. Kita akan tetap merespon bila ada permintaan bantuan,” tandas mantan Plt Kepala Dishub Baubau ini.(exa)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top