Bawaslu “Sapu Bersih” APK tanpa Visi Misi – Buton Pos
Suara Buton Selatan

Bawaslu “Sapu Bersih” APK tanpa Visi Misi

BUTONPOS.COM, BUTON SELATAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Buton Selatan (Busel) kembali menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang dipasang tidak sesuai ketentuan. Bawaslu juga “menyapu bersih” APK yang tidak memasang visi dan misi partai.

Ketua Bawaslu Busel, Mahyudin mengatakan, penertiban yang dilakukanya itu sudah yang kedua kalinya. Penertiban dilakukan terhadap APK yang dipajang di tempat yang terlarang, di bahu jalan. Pun juga tidak adanya penambahan penertiban terkait dengan konten APK. Konten APK tambahan itu paling tidak menampilkan visi dan misi partai Caleg. Bukan visi dan misi personal Caleg tapi visi dan misi partai Caleg.

Menampilkan konten visi dan misi ini kata dia, sesuai ketentuan PKPU nomor 23 tahun 2018 pasal 23. Terkait hal itu memang selalu dikomplen peserta pemilu. Visi misi dan program ini idealnya memang harus ada dalam APK. Karena ini bagian dari pendidikan politik kepada masyarakat.

“Teman-teman bisa bayangkan, jika dalam APK hanya menampilkan foto yang hanya senyum calon dan periodenya. Kira-kira dimana pendidikan politiknya di situ,” katanya.

Sehingga dalam PKPU 23 tahun 2018 pasal 23 itu mengamanahkan, paling tidak menampilkan visi misi dan program partai. Pendidikan politik ini tercantum di pasal 267 UU 7 tahun 2017 bahwa kampanye itu paling tidak memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

Kata dia, sosialisasi penyampaian visi misi dan program sudah dilakukan sudah satu bulan disampaikan kepada Parpol. Seluruh Parpol di Busel sepakat ditertibkan baliho tanpa visi misi Parpol tersebut. Dari sosialisasi itu, Bawaslu memberikan waktu satu minggu bagaimana Caleg yang sudah terlanjur ada APK agar memasang dengan visi dan misi.

“Setelah itu kita lakukan penertiban. Dengan berbagai pertimbangan kebijksanaa dari Bawaslu sehingga tidak terjadi penertiban pada tahap pertama, karena hasil pantauan dan evaluasi Bawaslu belum ada yang memasang visi dan misi partai di APK Caleg,” katanya di temui di ruang kerjanya, Kamsi (21/2).

Penertiban APK tahap kedua ini sesuai kesepakatan dengan partai disetujui penertiban APK tanpa visi dan misi. Meskipun yang hadir hanya lima partai, namun sudah disepakati seluruh APK dipasang visi dan misi.

Ia menegaskan, dalam penertiban yang dilakukan Bawaslu tidak ada pengrusakan yang dilakukan terhadap APK yang ditertibkan. Semua APK yang ditertibkan itu masih utuh. Caleg ataupun Parpol yang belum memasang visi dan misi dipersilahkan mengambil APK-nya di Bawaslu. Dengan catatan, jika nantinya memasang kembali, maka harus memasang visi dan misi. “Penertiban ini direncanakan sampai Jumat (22/2),” katanya. (nun)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top