Buka Pelatihan Jungle Rescue, Gubernur Sultra Ajukan Pengadaan Helikopter – Buton Pos
Suara Sultra

Buka Pelatihan Jungle Rescue, Gubernur Sultra Ajukan Pengadaan Helikopter

BUTONPOS.COM, KENDARI – Gubernur Sultra, Ali Mazi membuka pelatihan Hutan Gunung (Jungle Rescue) yang diadakan Badan SAR Nasional (Basarnas) Sultra, yang digelar disalah satu hotel di Kota Kendari, Rabu (20/2).

Dalam sambutannya, Ali Mazi SH mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan keahlian atau kompetensi di bidang pencarian dan pertolongan saat terjadi musibah, seperti kecelakaan pelayaran, kecelakaan penerbangan serta bencana alam yang membahayakan nyawa manusia.

“Dimana pembinaan ini diaktualisasikan dalam bentuk latihan potensi dan latihan SAR. Karena pelatihan ini sangatlah penting dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia di bidang pencarian dan pertolongan. Mengingat potensi bencana alam yang terus meningkat seperti banjir, gempa dan tanah longsor yang sewaktu-waktu bisa terjadi di Sulawesi Tenggara,” paparnya.

Dengan adanya pelatihan ini, jika terjadi kecelakaan dan bencana alam sewaktu-waktu bisa secepatnya dilakukan pertolongan dan evakuasi. “Untuk itu, selaku pemerintah daerah dan pelopor kemajuan bangsa, saya meminta kepada pihak Basarnas Sulawesi Tenggara untuk terus meningkatkan ketrampilannya dalam melakukan kegiatan evakuasi dan pertolongan serta pencarian. Juga bisa menjadi garda terdepan serta liding sektor dalam membantu masyarakat ketika terjadi bencana. Serta terus melakukan komunikasi dan peningkatan pembinaan SDM khususnya kepada anak sekolah dini, SD, SMP dan SMA serta masyarakat pesisir dalam rangka peningkatan penanggulangan bencana,” imbuhnya.

Mengantisipasi bencana alam dan untuk meminimalisir daerah yang terisolir pasca bencana, Ali Mazi juga mengajukan permintaan kepada Basarnas Pusat agar ada pengadaan fasilitas pendukung seperti Helikopter untuk ditempatkan di wilayah Sultra.

“Saya sebagai Gubernur Sulawesi Tenggara, mewakili semua lapisan masyarakat yang ada di Sultra mengajukan permohonan fasilitas Helikopter kepada Basarnas Pusat untuk memenuhi kebutuhan Patroli Basarnas Sultra dalam penanganan bencana ketika nantinya terjadi di Sulawesi Tenggara,” katanya.

Menurut Ali Mazi, pihaknya meminta fasilitas helikopter karena posisi Sultra berada di wilayah perairan laut Banda, sehingga tentu harus ada helikopter yang nantinya akan dipergunakan oleh Basarnas Sultra dalam rangka pantauan serta mengevaluasi korban ketika terjadi bencana dan kecelakaan baik di hutan, gunung, laut maupun kecelakaan jatuhnya pesawat.

“Saat ini kita ajukan permintaan fasilitas helikopter namun tetap pusat yang menentukan layak dengan tidaknya. Kita berdoa saja mudah-mudahan ketika ada persetujuan penambahan fasilitas helikopter, Sultra lebih diutamakan,” harapnya.

Deputi Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menjelaskan, pelatihan SAR ini bentuk potensi awal untuk memberikan bekal pengetahuan kepada perwakilan SAR. Serta pembentukan ketrampilan dengan harapan, setelah menyelesaikan pelatihan ini, para peserta akan memperoleh potensi sikap SAR yang lebih mengutamakan sifat kemanusiaan.

“Sehinggga setelah adanya pelatihan ini, nantinya setiap peserta bisa memiliki keahlian serta potensi bakat penyelamatan yang akan diaplikasikan nantinya di lapangan. Pelatihan SARini adalah pendukung dalam kegiatan penyelamatan manusia ketika terjadi bencana dan kecelakaan,” jelasnya.

Terkait dengan permintaan gubernur Sultra soal fasilitas helikopter, Nugroho Budi Wiryanto mengaku, memang kedepannya akan ada penambahan fasilitas seperti helikopter dan kapal, tetapi untuk penempatannya akan dikaji terlebih dahalu.

“Untuk permintaan fasilitas helikopter dari gubernur untuk ditempatkan di Basarnas Sultra, nantinya kita akan buat kajian terlebih dahulu. Untuk persoalan penempatannya dimana yang memungkinkan, tentunya akan diperhatikan juga faktor bisa jarak pencapaiannya, sehingga jika terjadi bencana dan kecelakaan di darat maupun di laut, helikopter ini akan mudah melakukan pantauan dan evakuasi,” pungkasnya. (m1)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top