Dinkes Wakatobi Pastikan 2019, 14 Puskesmas Tuntas Terakreditasi – Buton Pos
Suara Wakatobi

Dinkes Wakatobi Pastikan 2019, 14 Puskesmas Tuntas Terakreditasi

BUTONPOS.COM, WAKATOBI – Totalnya, ada 14 Puskesmas tersebar dan sedang beroperasi di wilayah Kabupaten Wakatobi. Tercatat, 8 unit diantarnya sudah ditingkatkan kapasitasnya. Sisanya kini dalam tahap pendampingan menuju akreditasi.

“Dan insyaaallah, tahun 2020 nanti semua Puskesmas di Kabupaten Wakatobi sudah terakreditasi,” tutur Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wakatobi, Muliaddin, di ruang kerjanya, Kamis (13/6).

Dirinya menyebutkan, saat ini Puskesmas yang sudah terakreditasi masing-masing, satu unit di Kelurahan Usuku Tomia Timur dan Kelurahan Onemay Tomia Induk. Tiga Puskesmas lagi, ada di Kaledupa Induk, Togo Binongko, dan Popalia. “Termasuk Puskesmas Wangiwangi Selatan, Waetuno, dan Wangiwangi,” imbubhnya.

Dikatakan, tahun 2019 ini pihaknya masih pendampingan akreditasi enam Puskesmas lagi. “Puskesmas di Kapota, di Liya, Desa Sandi di Kaledupa Selatan, Desa Waitii, dan Kulati di Tomia termasuk Puskesmas Taipabu di Binongko,” imbunya.

Ia menambahkan, tahapan akreditasi keenam Puskesmas kini sementara berjalan. Yang sudah terakreditasi Madya baru Puskesmas Popalia Togo Binongko. Lainnya, masih menuju akresitas dasar.

Demi suksesnya kegiatan, Muliaddin mengaku dua tim pendamping Dinkes intens lakukan pembinaan.

Kata dia, hal itu mengingat ada 99 elemen, terdiri dari tiga pokja yang masuk kriteria penilaian. “Kita juga sudah dilakukan penggalangan komitmen bersama tokoh-tokoh masyarakat juga lintas sektor,” tandasnya. (m4)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top