Maksimalkan Pengawasan, Bawaslu Perkuat Internal – Buton Pos
Suara Buton Selatan

Maksimalkan Pengawasan, Bawaslu Perkuat Internal

BUTONPOS.COM, BATAUGA – Tahapan Pemilu 2019 sudah berproses. Sejumlah calon legislatif mulai mensosialisasikan diri. Sementara Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Buton Selatan (Busel) membekali pengawasan di lapangan dengan integritas tinggi.

Ini merupakan kali pertama bagi Bawaslu Busel sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB) dalam penyelenggaran Pemilu secara serentak mulai pemilihan anggota DPRD kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD dan Presiden.

Menurut Ketua Bawaslu Busel, Mahyudin SSOs MSi, pihaknya memaksimalkan pengawasan, karena itu Bawaslu menekankan kepada seluruh Panwascam untuk memiliki integritas, kapabilitas dan kemampuan yang mumpuni dalam pengawasan.

Yang terpenting kata dia, dimulai sejak DPT dan terutama saat ini menghadapi tahapan kampanye. Makanya, pihaknya juga mengharapkan peran aktif masyarakat untuk fungsi pengawasan Pemilu.

“Pengawasan partisipatif melibatkan peran aktif pemuda ini, tujuannya bagaimana agar Pemilu yang berintegritas. Mencegah terjadinya konflik dan mendorong keterlibatan aktif masyarakat dalam pengawasan Pemilu,” ujarnya.

“Artinya seperti itu, masyarakat di sini bukan lagi menjadi penonton, tapi terlibat aktif dalam pengawasan Pemilu,” tambahnya.

Ia menegaskan, Bawaslu Busel dalam peningkatakan kinerja seluruh intenal Bawaslu hingga Pawascam. Panwascam di lapangan akan berhadapan langsung dengan peserta Pemilu. Masyarakat ini tantangannya luar biasa. Karena itu perlu peningkatan kapabilitas dan kemampuan yang profesional serta mumpuni.

Dengan demikian kata Mahyudin, dapat melahirkan Pemilu yang kualitas, lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Ia juga mengharapkan seluruh peserta Pemilu untuk mematuhi rambu-rambu sesuai peraturan yang berlaku. (aga)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top