Pelantikan Bupati Defenitif Menuggu SK Kemendagri – Buton Pos
Suara Buton Selatan

Pelantikan Bupati Defenitif Menuggu SK Kemendagri

Ilustrasi

BUTONPOS.COM, BATAUGA – Pelantikan Bupati Definitif Buton Selatan hingga kini belum terjadwal. Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) tak kunjung menerbitkan surat keputusan (SK) pengangkatan Wakil Bupati Busel menjadi bupati defenitif La Ode Arusani.

Kini Wabub Busel masih menjadi Plt Bupati. Bupati Busel, Agus Hidayat Sjafei Kahar divonis atas kasus tindak pidana korupsi oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Kendari diakhir Februari 2019 lalu.

Kabag Tapem Setda Busel, LM Martosiswoyo menuturkan pihaknya belum dapat memastikan kapan SK pelantikan Bupati definitif akan diterbitkan.

Pasalnya, penerbitan SK tersebut merupakan gawean Pemerintah Pusat yang akan ditindak lanjuti ke Pemprov Sultra.
Kewenangan penerbitan SK Kemendagri. Daerah hanya koordinasi menjadwalkan pelantikan ke Pemprov Sultra.

“Semua itu menjadi kewenangan pemerintah pusat. Kita belum tahu kapan mereka terbitkan SK itu dan kemudian kami tindak lanjuti untuk mengagendakan jadwal pelantikannya,” katanya.

Menurutnya, usulan penerbitan SK Bupati devenitif itu sudah diusulkan melalui Pemprov Sultra sejak beberapa bulan lalu. Dimana Pemprov Sultra yang menjadi perpanjangan tangan Pemerintah Pusat didaerah akan melanjutkan usulan tersebut kemeja Kemendagri Dirjen Otonomi Daerah (Otda).

Ia juga mengaku syarat maupun tahapan pengusulan Bupati Definitif ini sudah penuhi semua. Saat ini hanya mampu menunggu saja SK itu dikeluarkan oleh Kemendagri.

Martosiswoyo menambahkan, belum lama ini pihaknya telah bertandang di Kemendagri Dirjen Otda guna mempertanyakan pengusulan pengangkatan orang nomor satu di Kabupaten Beradat itu. Hanya saja, pihaknya juga belum mendapat kabar baik dan hanya mampu diberi janji untuk segera diproses.

“Senin lalu kami bertandang disana dan ditemani langsung oleh Kabiro Pemerintahan Sultra, Ali Akbar. Selain itu pula, Plt Bupati Busel Laode Arusani juga ikut dalam pertemuan itu,” tutupnya. (aga)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top