Penerimaan CPNS, Buteng Usul 90 Diberi Kuota 187 – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Penerimaan CPNS, Buteng Usul 90 Diberi Kuota 187

Samrin

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 ini menjadi berkah tersendiri bagi Kabupaten Buton Tengah (Buteng). Betapa tidak, sebelumnya mengusulkan 90 malah diberi kuota 187 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) RI.

“Alhamdulillah, kita (Buteng, red) diberi kuota sampai dua kali lipat dari usulan awal. Usulan awal kita itu 90, malah diberi kuota sampai 187. Padahal daerah lainnya seperti Buton Selatan, mengusul 200 hanya diberi kuota 57,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Buteng, Samrin, usai mengikuti rapat pembagian kuota CPNS 2019 untuk provinsi/kabupaten/kota di KemenPAN-RB RI di Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Penambahan kuota CPNS ini, kata dia, semakin mengatasi kebutuhan pegawai di Kabupaten Buteng yang masih kurang. Pasalnya, masih ada sekitar 1.000 lebih pegawai yang dibutuhkan Kabupaten Buteng sebagai daerah baru.
“Kemarin itu kita usulkan 90 sesuai dengan kebutuhan belanja pegawai di APBD kita. Tapi, meskipun diberi kuota 200, kita masih mampu biayai kebutuhan belanja pegawai Buteng. Karena belanja pegawai kita masih berkisar 29 persen dari APBD, belum melebihi batas 50 persen. Kalau sudah diatas 50 persen, tidak bisa lagi ada pengangkatan CPNS,” jelas Samrin.

Ditanya, dari kuota 187 CPNS tersebut, berapa diporsikan untuk tenaga guru, kesehatan, dan teknis? pria asal Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng) ini belum bisa mempublisnya, karena masih mau melapor dulu kepada bupati. “Nanti setelah saya melapor dari pak bupati baru kita umumkan berapa porsi masing-masing,” timpalnya.

Namun yang jelas, kata dia, semua disesuaikan dengan kebutuhan pegawai di lingkup Pemkab Buteng. “Hampir semua jurusan ada kuotanya seperti tahun lalu. Nanti kita umumkan 25 Oktober 2019. Minggu depan akan dipanggil admin kabupaten/kota di BKN,” pungkas Samrin.(uzi)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top