Dapat Dana Rp 1 Miliar Lebih, Kadis DLH Muna Janji Menuntaskan Sampah

  • Bagikan
BERSERAKAN : Tumpukan sampah di alun-alun Kota Raha beberapa waktu lalu. (Foto: Anuardin)
BERSERAKAN : Tumpukan sampah di alun-alun Kota Raha beberapa waktu lalu. (Foto: Anuardin)

MUNA — Permasalahan sampah di Kabupaten Muna khususnya di Kota Raha sudah menjadi momok bagi masyarakat. Pasalnya hampir setiap hari selalu disuguhkan dengan pemandangan tumpukan sampah yang berserakan diberbagai sudut kota Raha.

Dengan masalah itu, publik ataupun masyarakat Muna geram. Masyarakat terus menyoroti kinerja Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muna. Masyarakat menilai DLH dianggap tidak mampu mengatasi permasalahan sampah yang ada di Kabupaten Muna.

Tak hanya mendapat sorotan dari masyarakat, DPRD Muna melalui Komisi II DPRD Muna sudah berulang kali memanggil pihak DLH Kabupaten Muna untuk dihearing terkait penanganan sampah di Kabupaten Muna, khususnya di Kota Raha.

Namun DLH selalu beralasan bahwa persoalan sampah di Kabupaten Muna khususnya di Kota Raha selain kurangnya kesadaran masyarakat membuang sampah juga pihak DLH beralasan bahwa anggaran penanganan sampah di DLH sangat minim. Bahkan untuk membeli bahan bakar mobil sampah tidak cukup untuk mengangkut sampah.

Selain itu, armada mobil pengangkut sampah tinggal dua unit yang normal dari delapan unit yang ada DLH. Praktis dengan minimnya kendaraan pengangkut sampah maka pihak DLH kewalahan untuk mengangkut sampah didalam Kota.

Olehnya itu, DLH Muna mengajukan tambahan anggaran di APBD Perubahan tahun Anggaran 2022. Usulan DLH ini untuk membiayai operasional penanganan sampah di Kota Raha termasuk membiayai perbaikan armada mobil sampah yang mengalami kerusakan baik rusak ringan maupun rusak berat. Usulan penambahan anggaran tersebut telah disetujui oleh DPRD Muna sebesar Rp 1 miliar lebih.

  • Bagikan

Exit mobile version