Mahasiswa KKN Unidayan Akan Populerkan Wisata Bukit Lambaulele Lapandewa

  • Bagikan
Mahasiswa KKN bersama Pemerintah Desa melakukan observasi di Bukit Lambaulele. (Foto Istimewa)
Mahasiswa KKN bersama Pemerintah Desa melakukan observasi di Bukit Lambaulele. (Foto Istimewa)

Sementara itu, Kepala Desa Lapandewa, Yahya mengungkapkan area Bukit Lambaulele tersebut direncanakan akan dijadikan kawasan agrowisata, di mana sejak tahun 70an Lapandewa telah menjadi penghasil bawang.

“Berhubungan kami di Lapandewa ini mayoritas petani di situ, target kita berbasis agrowisata di mana area di situ adalah hamparan dari tahun 70an sehingga Lapandewa menjadi area penghasil bawang karena memang di situ spot area bawang,” ungkap Yahya.

Yahya menjelaskan patung yang berada di Bukit Lambaulele tersebut merupakan patung Lapandewa sebagai Matana Sorumba, dimana Matana Sorumba ini sangat berperan pada zaman kesultanan dalam menghadang musuh dan menyelesaikan sebuah permasalahan.

“Patung itu merupakan Lapandewa Matana Sorumba, dan di Buton ini terdapat beberapa daerah Matana Sorumba di ntaranya Wasilomata dan Matumotobe juga termasuk Lapandewa. Matana Sorumba itu berfungsi sebagai orang pertama yang menghadang ketika musuh datang, selain itu juga fungsinya untuk menyelesaikan sebuah perselisihan,” pungkasnya.

Ia menambahkan di area tersebut telah memiliki banyak perencanaan pembangunan, di antaranya replika Benteng Lapandewa, rumah adat. (*)

  • Bagikan