Perkuat Ekosistem Sekolah, Eko Prasetya Cetuskan Sister School

  • Bagikan
Eko Prasetya

(Sehingga) dengan mudah oh ternyata di dekat rumah kita bagus juga sekolahnya. Artinya pemerataan sebagai salah satu tujuan dari PPDB kita bisa wujudkan dengan paripurna.

Berarti ini adalah jawaban untuk menjadikan semua sekolah favorit?

Siap, jadi kalau asumsinya semua sekolah favorit, saya sebenarnya setuju saja. Cuman di dunia pendidikan, perubahan tidak bisa instan. Kita butuh waktu untuk bagaimana membenahi, memperbaiki dan juga membangun ekosistem yang bagus.

Memang betul ada jangka panjang dan jangka pendek yang bisa kita lakukan. Tapi izin, insyaallah dengan beberapa inovasi-inovasi ke depan, jangka pendek ini bisa kita rasakan. Bersama entitas kami bapak, ibu guru yang berada di sekolah-sekolah baik di kota maupun di daerah remote, daerah rural.

Langkah awal yang akan dipecahkan dengan Sister School kira-kira ada beberapa titik yang bisa ditempuh?

Sistem School ini nanti jenjang kita akan coba mulai dari jenjang PAUD, SD dan SMP. Sebetulnya dari kasat mata, kita semua pada tahu. Contoh SMP mana saja yang favorit, akan menjadi Sister Utama kita.

Saudaranya mana? Selain dari sekolah-sekolah favorit nanti kita akan buat kelompok-kelompok Sister School. Kemudian kita berikan aturan dan indikator-indikator keberhasilan yang bisa kita capai.

SMP juga sama, yang kita tahu kayak SMP 2, SMP 3 favorit. Berarti dia harus mengampu sekolah-sekolah, dua atau tiga sekolah masing-masing sekolah favorit ini. Supaya menular keberhasilannya, menular baiknya. Sehingga kita semua berharap ke depan sekolah-sekolah kita di level Baubau ini bisa menjadi sekolah-sekolah yang terbaik.


Begitu pula PAUD. Banyak best praktis PAUD, kita tidak bisa menutup mata PAUD-PAUD ini banyak yang menjadi peminat.

Kemudian PAUD yang dibeberapa wilayah kok peserta didiknya kok cuman berapa tujuh, delapan. Sementara yang disebelahnya sampai 70, 80.

Ada best praktis disana, kemudian kita bagi best praktis kebersamaan ini. Kalau kita untuk membagi dalam scope yang rada besar mungkin kita susah untuk kontrolnya.

Jadi terbersit ide kita akan melakukan inovasi dalam bentuk Sistem School. Moga-moga kami berharap, Sister School ini adalah langkah yang kecil, sederhana. Tapi insyaallah akan memberikan impact yang besar.(***)

  • Bagikan