PUNCAK TOLIAMBA LUAR BIASA

  • Bagikan
TOLIAMBA LUAR BIASA: Sekab Wakatobi, Nadar di depan objek wisata Puncak Toliamba, Minggu (14/10) malam.(IRWANSYAH AMUNU)

Nadar: Didukung Bank Dunia, tiga titik lainnya adalah Sombu Dive, Danau Kapota, dan Alun-alun Merdeka

WAJAH Wakatobi berubah. Tidak tanggung-tanggung polesannya langsung ditukangi Bank Dunia.

Sekab Wakatobi, Nadar menjelaskan,
Puncak Toliamba sebagai salah satu spot destinasi pariwisata di Kabupaten Wakatobi. “Alhamdulillah sudah tuntas pembangunanya pada tahun lalu, melalui salah satu project yang didukung Project IPDP Bank Dunia, melalui Kementerian PUPR,” ujarnya di Puncak Toliamba, Minggu (13/10) lalu.

“Ini merupakan salah satu titik dari empat titik project KSPN Wakatobi yang dituntaskan pada tahap satu. Salah satunya Toliamba ini dan tiga titik lainnya adalah Sombu Dive, Danau Kapota, dan Alun-alun Merdeka,” sambungnya.

Dijelaskan, khusus untuk Toliamba daya tarik yang ditawarkan view point, karena diketinggian. Dari titik ini kita bisa memandang view yang sangat indah.

Kita melihat lebih dari tiga per empat bagian wilayah Kota Wangiwangi. Pada sore hari dari Toliamba kita bisa menyaksikan sunset sempurna di Wakatobi. Pada malam hari, ada pemandangan kawasan Kota Wangiwangi. Kita bisa melihat dari puncak, ada susana malam hari. Tentu ini menjadi sesuatu yang sangat menarik.

Kedua, kata Nadar, di Sombu Dive, fasilitas yang dibangun peruntukannya adalah sebagai dive center bertaraf internasional. Karena dilengkapi ada jeti, kolam renang, dan dive center. Lokasinya ada pada wilayah bagian pesisir Desa Sombu yang juga selama ini menjadi salah satu spot utama untuk tempat penyelaman di Kabupaten Wakatobi.

Ketiga, lanjutnya, Alun-Alun Merdeka. Lebih kepada ruang publik dan venue iven. Dilengkapi dengan lapangan hijaunya, dan fasilitas panggung dan lain sebagainya.

Kemudian, kata Nadar, di Pulau Kapota. Ditata ulang destinasi wisata kita disana, ada Danau Tailaronto’oge atau Danau Kapota. Dulu sudah pernah dibangun melalui pembiayaan DAK. Tetapi melalui project IPDP Bank Dunia, ditingkatkan kualitasnya menjadi destinasi yang premium.

“Ini semua adalah merupakan realisasi dari dukungan pemerintah pusat yang juga dibiayai melalui Bank Dunia untuk meningkatkan posisi dan status destinasi Wakatobi sebagai salah satu destinasi pariwisata prioritas nasional kita,” papar Nadar.

Untuk diketahui dari 10 destinasi yang ada, saat ini ada lima destinasi pariwisata prioritas nasional plus satu. Plus satunya adalah Wakatobi yang sedang dituntaskan untuk disusun dokumen integretid tourism master plan (ITMP) atau master plan rencana induk pengembangan pariwisatanya.

Lima destinasi pariwisata plus satu adalah Danua Toba, Labuan Bajo, Borobudur, Mandalika, Lukupang, ditambah satu, Wakatobi.

  • Bagikan