MAKASSAR.BUTONPOS–Brand Image mobil Daihatsu semakin kuat bagi masyarakat di kawasan Indonesia Bagian Timur (IBT). Hal itu terlihat dari pencapaian positif selama beberapa tahun ini. Tidak hanya dari volume penjualan, tetapi juga market share di IBT. Data registrasi di kepolisian atau Polreg menyebutkan, sepanjang tahun 2024, saat market otomotif di IBT anjlok 2 persen, penjualan Daihatsu malah meningkat 4 persen yakni dari 23.442 unit di tahun 2023, menjadi 24.357 unit di tahun 2024.
Market share Daihatsu juga melonjak signifikan, dari 26,9 persen di tahun 2023, dan menjadi 32,5 persen di tahun 2024. Market share Daihatsu di IBT tersebut jauh di atas market share Daihatsu secara nasional yang sebesar 18,9 persen.
“Produk Daihatsu sudah dikenal irit, andal, tangguh, dan mesinnya bandel. Saya sudah membuktikannya selama bertahun-tahun,” ujar Ambo Tang, pemilik rental mobil Mitra Toraja Rent saat ditemui di Makassar, Rabu (12/3/2025).
Ia mencontohkan, mobil Daihatsu Xenia yang dibeli 10 tahun lalu, tidak pernah rewel saat digunakan sebagai armada rentalnya. Padahal, jarak tempuh di speedometer mobil itu sudah lebih dari 300 ribu kilometer. “Penggantian sparepart hanya yang normal,” ujar Ambo yang membuka bisnis rental sejak tahun 2008.
Awalnya hanya memiliki tiga unit Xenia, lalu terus bertambah seiring tumbuhnya permintaan. Saat ini, dari 50 unit armada rentalnya, 38 unit adalah mobil Daihatsu. Lebih dari 50 persen armadanya disewa instansi pemerintah dan BUMN.
Menurut Ambo, keunggulan lain, Daihatsu memiliki bengkel hingga di pelosok. Itulah yang membuat ia tidak cemas jika armadanya mengalami masalah di jalan. Sparepart Daihatsu mudah diperoleh. “Harganya juga lumayan terjangkau dibandingkan brand lain,” tuturnya.