Ditanya Kesiapan Dipilgub, Ini Jawaban Rusman Emba

  • Bagikan

RAHA – Pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2024 khususnya pemilihan Gubernur (pilgub) Sulawesi Tenggara bakal diramaikan oleh pertarungan tokoh-tokoh politik di jazirah Sultra. LM Rusman Emba, Bupati Muna adalah salah satu nama yang digadang-gadang bakal tarung di bursa Pilgub Sultra 2024 mendatang.

Dicecar sejumlah wartawan soal kesiapannya maju di Pilgub Sultra, Rusman Emba memberi jawab politis dan belum secara gamblang menyatakan siap tarung di Pilgub Sultra. “Saya kira itu wajib, sebagai politisi wajib ikut dalam momentum politik di eksekutif maupun legislatif,” jawab Rusman politis.

Mantan senator DPD RI ini mengatakan, untuk maju di Pilgub Sultra dasarnya harus memiliki elektabilitas serta modal kursi di DPRD. Untuk DPRD Sultra yang berjumlah 45 kursi, harus memenuhi syarat 20 persen dukungan partai politik di parlemen atau minimal mengantongi dukungan sembilan kursi parpol.

Ketika publik mulai menyorot namanya sebagai salah satu figur yang berpotensi maju dalam Pilgub Sultra, Rusman mengatakan bahwa pendapat publik itu sah-sah saja. Namun untuk bisa mendapatkan tiket masuk dalam bursa Pilgub Sultra, akan ditentukan oleh jumlah perolehan kursi dalam pemilihan calon anggota legislatif 2024 mendatang.

  • Bagikan