La Bakry Minta Warga Jaga Kelestarian Wilayah Pesisir

  • Bagikan
Bupati Buton, La Bakry, meminta warga agar menjaga kelestarian wilayah pesisir. (Foto: Ist)
Bupati Buton, La Bakry, meminta warga agar menjaga kelestarian wilayah pesisir. (Foto: Ist)

BUTONPOS – Bupati Buton, La Bakry, meminta warga agar menjaga kelestarian wilayah pesisir demi keberlangsungan ekosistem perikanan di Buton.

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri silaturahmi keluarga besar PAAP Lasinta Lape-Lape di Lapangan Desa Kumbewaha, Kecamatan Siotapina, Minggu, 5 Juni 2022.

“Saya memberikan apresiasi kepada Rare Indonesia, para pendamping, camat, kepala desa, PAAP Lasel-Siotapina yang senantiasa bersinergi dalam upaya pemberdayaan dan pelestarian wilayah pesisir untuk masa depan yang lebih baik,” pungkasnya.

Ketua Golkar Buton ini pun mengimbau seluruh masyarakat nelayan untuk terus menjaga kelestarian wilayah pesisir, salah satunya dengan tidak melakukan pemboman ikan yang sangat mengancam keberlangsungan hidup ekosistem laut.

“Jika kita tidak bisa melindungi wilayah pesisir, kita membiarkan pemboman ikan, maka sumber daya ikan kita akan terancam. Segera laporkan jika melihat pemboman ikan. Karena akan merusak terumbu karang yang menjadi habitat ikan. Saya sangat gembira dan menyambut baik program PAAP bersama Rare. Karena menjadi masa depan masyarakat yang berkelanjutan. Budi daya perikanan juga harus terus ditingkatkan seperti budi daya keramba,” tambah Ketua Bapera Sultra ini.

Orang nomor satu di bumi penghasil aspal ini menuturkan tak dapat dipungkiri dulu kapal-kapal penangkap ikan cakalang/ tuna beroperasi dalam teluk Pasarwajo, kini mereka harus mencari keluar dari teluk. Untuk itu, wilayah pesisir harus terus dilindungi karena diharapkan terus lestari.

“Kepala daerah pesisir bekerja keras bersama-sama masyarakat untuk mempertahankan eksistensi wilayah pesisir bagi keberlangsungan hidup masyarakat. Jika kita lihat di Jepang ikan tuna itu dihargai sampai miliaran rupiah perekor, karena ikan menjadi makanan bergizi bagi masyarakatnya. Untuk itu, mari terus dukung pelestarian perikanan pesisir,” tutur mantan Wakil Bupati ini.

Tak lupa, suami Delya Montolalu ini mengimbau warga untuk senantiasa memberi makan anak-anak dengan ikan yang bergizi tinggi. Ikan sangatlah penting bagi tumbuh kembang anak.

“Anak-anak kasih makan ikan yang bergizi untuk tumbuh kembang anak yang cerdas. Kita perhatikan anak-anak kita,” pungkas Bupati.

Di tempat yang sama, Perwakilan Rare Indonesia, Manager Implementasi Program Tarlan Soebarno mengungkapkan program PAAP mengajak masyarakat untuk terlibat membantu pemerintah dalam pengelolaan perikanan yang berkelanjutan. Kawasan PAAP diprioritaskan pemanfaatannya bagi masyarakat di wilayah PAAP. Adapun motto PAAP yaitu JAM yang merupakan kepanjangan dari Jaga Atur Manfaatkan.

“Rare Indonesia dalam tiga tahun terakhir memfasilitasi nelayan dari Siotapina-Lasalimu Selatan dalam mengikuti pelatihan, mengatur dan mengidentifikasi tujuan jangka panjang di wilayah PAAP-nya. Selain itu, pendampingan kepada ibu-ibu seperti pengelolaan KSP (Kelompok Simpan Pinjam) keluarga PAAP,” katanya.

  • Bagikan