Permintaan Pembuatan Paspor Meningkat di Kanim Baubau

  • Bagikan
Teguh Santoso
Teguh Santoso

BAUBAU – Permintaan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kota Baubau mengalami kenaikan yang signifikan selama beberapa hari terakhir. Pemohon dokumen perjalanan ke luar negeri itu didominasi calon jemaah umrah.

“Alhamdulillah, sekarang ini banyak pemohonnya, sehari kurang lebih 40 paspor. Jadi, kenaikannya luar biasa, kebanyakan mereka yang akan melakukan ibadah umroh,” kata Kepala Kanim Kelas III Non TPI Baubau, Teguh Santoso di kantornya, Kamis (16/6/2022).

Pun, ujar dia, permintaan paspor tahun ini merupakan yang tertinggi sejak 2020. Dulu, sewaktu masih panas-panasnya pandemi Covid-19, pihaknya paling banter cuma melayani kurang lebih lima pemohon dalam sehari, itupun tidak setiap hari.

“Pemohon paspor umroh ini merata di delapan wilayah kerja kami yakni Kota Baubau, Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara, Muna, Muna Barat, dan Kepulauan Kabaena Kabupaten Bombana. Biaya paspor ini sebesar Rp 350 ribu dan bisalangsung dibayar di semua bank, tidak ada lagi transaksi di kantor Imigrasi,” katanya.

Syarat permohonan paspor, kata dia, untuk dewasa antara lain yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), akte kelahiran, ijazah, dan buku nikah. Sedangkan bagi anak-anak diantaranya KTP kedua orang tua, KK, dan buku nikah orang tua.

  • Bagikan