SMAN 1 Baubau Masih jadi Rebutan Calon Siswa Baru

  • Bagikan
Muhammad Radi
Muhammad Radi

BAUBAU – SMAN 1 Baubau masih menjadi favorit bagi para siswa lulusan SMP. Ini terlihat dari tingginya pendaftar pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022 di sekolah tersebut.

PPDB tahun ini dilaksanakan selama 10 hari yakni 20-30 Juni. Oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), tahun SMAN 1 Baubau diberi kuota sebanyak 432 orang disebar secara merata di 12 kelas X atau dengan kata lain masing-masing kelas berisi 36 siswa.

“Saya lihat pendaftar ini membludak. Baru hari tiga hari dibuka sudah ada 527 orang yang mendaftar artinya sudah melewati kuota yang diberikan Dinas Pendidikan provinsi,” kata Kepala SMAN 1 Baubau, Muhammad Radi dikonfirmasi di kantornya, Kamis (23/6).

PPDB 2022, ujar dia, calon siswa baru memiliki empat jalur pilihan yakni zonasi, prestasi akademik dan non-akademik, afirmasi, dan pindah orang tua. Para pendaftar tinggal memilih salah satu dari empat jalur tersebut.

Untuk jalur zonasi, kata dia, kelulusannya ditentukan berdasarkan jarak paling dekat antara alamat calon siswa baru dengan sekolah. Di mana SMAN 1 Baubau meliputi Kecamatan Wolio, sebagian kelurahan di Kecamatan Murhum, dan Kecamatan Kokalukuna.

“Kalau mendaftar lewat jalur prestasi akademik itu dilihat siapa yang punya nilai tertinggi berdasarkan rapor SMP-nya semester I sampai V. Sedangkan jalur prestasi non akademik ini adalah calon siswa yang sertifikat juara mulai dari nasional, provinsi dan seterusnya,” katanya.

Sementara afirmasi, ujar dia, merupakan jalur pendaftaran yang diprioritaskan bagi calon siswa kurang mampu. Calon siswa baru paling besar peluangnya jika memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP).

  • Bagikan