55 Bangunan di Bungi Diterjang Banjir Tinggi

  • Bagikan
Petugas BPBD turun mengevakuasi di lokasi banjir tiga kelurahan di Kecamatan Bungi, Jum'at.(ist)
Petugas BPBD turun mengevakuasi di lokasi banjir tiga kelurahan di Kecamatan Bungi, Jum'at.(ist)

BAUBAU – Wilayah Kecamatan Bungi Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara kembali diterjang genangan air dalam jumlah besar. Sedikitnya, 55 bangunan terendam banjir yang terjadi pada Jum’at (24/6/2022).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD (BPBD) Kota Baubau mencatat bangunan terendam banjir itu tersebar di tiga kelurahan yakni Liabuku, Waliabuku dan Ngkaring-ngkaring. Rinciannya, Ngkaring-ngkaring sekira 22 unit rumah, Waliabuku kurang lebih lima unit rumah, dan Liabuku sekitar 25 unit rumah, dua warung makan plus Pesantren Al-Amanah.

“Sementara untuk lahan sawah yang terendam kurang lebih 200 hektar. Sedangkan untuk lahan yang kemungkinan gagal panen kurang lebih 70 hektar,” kata Kepala Pelaksana (Kalaks) BPBD Baubau, La Ode Muslimin Hibali lewat pesan WhatsApp.

Bukan hanya itu, ujar dia, puluhan hewan ternak juga ikut terdampak dari banjir hari itu. “Data sementara yang terdam di ketahui kurang lebih lima ekor sapi dan 50 ekor ayam,” kata Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Baubau ini.

  • Bagikan