PPDB, SMPN 1 Baubau Terapkan Empat Jalur

  • Bagikan
Salamun
Salamun

BAUBAU – SMPN 1 Baubau menerapkan empat jalur saat PPDB tahun 2022-2023. Jalur tersebut yakni zonasi, prestasi, afirmasi dan pindah tugas orang tua.

“SMP 1 menyediakan 11 kelas. Nah, untuk PPDB tahun ajaran baru 2022-2023 untuk jalur (zonasi,red) sekitar 50 persen, jalur prestasi 30 persen, jalur afirmasi 15 persen sementara jalur pindah tugas orang tua 5 persen,” kata Kepala SMPN 1 Baubau, H Salamun di ruang kerjanya, Sabtu 2/7.

Dikatakan Salamun, pendaftaran peserta didik baru dibuka mulai tanggal 27 Juni sampai 2 Juli 2022. Peserta yang mendaftar di SMP 1 sampai saat ini sudah berjumlah 400 orang.

“Kami sampai saat ini untuk pendaftar itu sudah mencapai 400 untuk selanjutnya nanti dilihat ketika diseleksi. Sebagai contoh misalnya, jalur zonasi kan tinggal dilihat jaraknya apakah sesuai ketentuan berlaku atau tidak kalau sesuai maka itu yang akan diterima,” jelas Salamun.

Lebih lanjut Salamun menjelaskan, untuk zonasi juga ini berdasarkan ketentuan berlaku peserta akan dipastikan masa berlaku kartu keluarga (KK) yang aktif sekarang.

“KK juga ini kalau berdasarkan undang-undang Kementerian Pendidikan maka masa berlaku KK tidak boleh kurang dari 1 tahun, kan kuatirnya nanti pada saat PPDB KK baru dibuat untuk memenuhi syarat,” katanya.

Demikian jalur lainnya menurut mantan Kepala SMP Negeri 18 ini, seperti jalur prestasi tidak hanya semata-mata nilai 5 semester terakhir tetapi didukung dengan prestasi lain dibuktikan adanya sertifikat maupun piagam.

  • Bagikan