Pengembangan Irigasi Kampani Butuh Dana Sekitar Rp 5 M

  • Bagikan
Surahman
Surahman

MUNA BARAT – Pengembangan Daerah Irigasi Kampani di Desa Kampani, Kecamatan Wadaga, Kabupaten Muna Barat membutuhkan dana sekitar Rp 5 miliar.

Irigasi Kampani akan menjadi salah satu lokasi prioritas penyiapan lumbung padi di Muna Barat. Progres persiapan proyek ini pun semakin menunjukkan langkah maju.

Setelah Dinas Pertanian Kabupaten Muna Barat mengusulkan cetak sawah pada areal daerah irigasi di Kementerian Pertanian, Dinas PUPR Muna Barat menyatakan kesiapannya dalam mendukung desain teknis pengembangan daerah Irigasi Kampani, sehingga dapat fungsional ke depannya.

Kepala Dinas PUPR Muna Barat, La Ode Butolo melalui Sekretaris PUPR Muna Barat, Surahman menyampaikan pra desain Pembangunan dan Peningkatan Jaringan Irigasi Kampani sudah diselesaikan oleh Tim Sumber Daya Air dan berdasarkan estimasi yang telah dilakukan dibutuhkan kurang lebih Rp 5 miliar untuk membangun jaringan primer sepanjang kurang lebih 1.100 m.

“Jaringan primer ini diproyeksikan akan melayani areal sawah yang akan dicetak, berdasarkan hitungan tim kami dengan debit air yang tersedia, luas sawah yang dapat dilayani oleh di Kampani sekitar 350 hektar,” ungkap Surahman saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (4/7/2022).

  • Bagikan