Kebun Jeruk Siompu dan Pantai Lagunci Masuk Nominasi API Awards 2022

  • Bagikan
Pantai Lagunci mewakili Busel masuk nominasi API Awards 2022. FOTO IST
Pantai Lagunci mewakili Busel masuk nominasi API Awards 2022. FOTO IST

BUTON SELATAN – Kebun Jeruk Siompu, Kecamatan Siompu dan Kapal Boti Pantai Lagunci Desa Bahari Tiga, Kecamatan Sampolawa masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia Award 2022.

Dua tempat wisata favorit di Kabupaten Buton Selatan itu masuk dalam Kategori Ekowisata, Kebun Jeruk Siompu dan Kategori Destinasi Kreatif, Kapal Boti Pantai Lagunci.

Promosi dukungan dua tempat wisata itu tengah digaungkan.

Sebelumnya Jembatan Lingkar Lapoili, Desa Wawoangi, Kecamatan Sampolawa telah mengharumkan nama Kabupaten Buton Selatan (Busel), bahkan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), melalui ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021.

Jembatan Lingkar Lapoili yang dibangun menggunakan Dana Desa (DD) ini berhasil keluar sebagai juara 3 pada kategori Destinasi Wisata Kreatif Terbaik API Award 2021. Piagam serta piala diterima pada 30 November 2021 lalu di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Salah satu wisata kebanggaan masyarakat Buton Selatan berhasil masuk dalam kategori Destinasi Kreatif Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022. Ayo dukung,silahkan Akses Twibbon berikut ini dan upload foto terbaikmu :twb.nz/botilagunc1 untuk mendukung Kapal Boti Pantai Lagunci dengan cara Ketik API 15E kirim ke 99386.

Dikutip dari Kendariinfo sebanyak enam daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) masuk dalam 10 besar nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022 dari berbagai macam kategori.

Chairman of Anugerah Pesona Indonesia, Hiro Kristianto mengatakan, pada penyelenggaraan tahun ini, pihaknya menerima banyak masukan dari 34 provinsi dan 135 kabupaten/kota yang ada di Indonesia, kemudian dilakukan kurasi oleh pihak penyelenggara hingga menyisakan 10 daerah dari setiap kategori.

“Pemilihannya melalui proses seleksi, awalnya oleh panitia dilakukan kurasi, kemudian baru ditentukan sebagai nominasi pada rapat komite seleksi,” ujarnya.

Selanjutnya, untuk menentukan pemenang API Award 2022, pihaknya akan membuka voting mulai dari 1 Juni hingga 31 Oktober 2022 mendatang dengan menggunakan saluran seperti short message service (SMS), video YouTube API Award, feed Instagram, serta Facebook.

Dari 18 kategori yang ada, Sultra berhasil masuk dalam 12 kategori. Berikut daftar daerah yang masuk nominasi tersebut:

Kabupaten Bombana

Kategori Makanan Tradisional, Sinole.

Kategori Atraksi Budaya, Tari Lumense.

Kabupaten Buton Tengah

  • Bagikan