Masih Nol, Pemkot Baubau Mengupayakan Penyaluran DAK Fisik

  • Bagikan
Yulia Widiarti
Yulia Widiarti

BAUBAU – DAK Fisik Baubau sampai saat ini masih tergolong nol. Hal ini diketahui berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Baubau semester l untuk Dana Alokasi Kusus (DAK) Fisik.

“Jadi ini merupakan hasil evaluasi kami di ahkir semester l 2022. Realisasi DAK Baubau masih nol,” ungkap Kepala KPPN Baubau Hariyanto melalui tanya jawab bersama awak media dalam acara Konferensi Pers Progres Penyaluran Dana APBN Lingkup KPPN Baubau Semester l 2022, bertempat di Kantor KPPN Baubau, selasa 12/7.

Hariyanto menjelaskan, pihaknya belum bisa menyalurkan DAK khusus fisik, pasalnya dokumen yang menjadi persyaratan yang sudah disetor oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau masih belum bisa terima pihak KPPN.

“Dokumen persyaratan Pemkot Baubau kami belum terima secara lengkap sampai dengan akhir semester l Juni 2022, memang untuk batas waktu penyaluran DAK Fisik semester l sampai akhir Juli 2022,” jelasnya.

Lebih lanjut Hariyanto menambahkan, secara batas waktu ketika DAK Fisik sudah disalurkan diakhir bulan Juli setidaknya minimal sekitar 25 persen dari pagu anggaran yang sudah dialokasikan sudah harus disalurkan.

“Mungkin sekitar satu minggu sebelum berakhir semester l kemarin, alhamdulillah kami sempat berkoordinasi dengan Sekda Baubau yang saat itu rapat dipimpin Wali Kota Baubau dan dihadiri seluruh OPD mendapatkan DAK Fisik menyampaikan progres ada yang sudah selesai ada juga yang hampir selesai,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Yulia Widiarti membenarkan hingga akhir semester l Juni 2022 DAK Fisik Pemkot Baubau belum disalurkan pihak KPPN alias masih nol persen.

  • Bagikan