Kolaborasi KITA Keliling Pulau Buton Sembari Salurkan Kurban ke Warga Terdampak Banjir

  • Bagikan
Kolaborasi KITA Keliling Pulau Buton Sembari Salurkan Kurban ke Warga Terdampak Banjir. (Foto: Ist)
Kolaborasi KITA Keliling Pulau Buton Sembari Salurkan Kurban ke Warga Terdampak Banjir. (Foto: Ist)

BAUBAU – Pada momen Iduladha 1443 H, gabungan komunitas di Kota Baubau Pulau Buton Sulawesi Tenggara yang terlibat dalam Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) menggelar touring mengelilingi Pulau Buton dengan jarak tempuh 222 kilometer.

Touring kali ini membawa misi sosial yakni menyalurkan kurban kepada warga kurang mampu di Desa Kamaru Kecamatan Lasalimu yang pada Juni 2022 lalu terdampak banjir akibat luapan air sungai.

Koordinator komunitas Pras Setyo Utomo Z mengatakan, touring sekaligus penyaluran kurban ini merupakan inisiatif bersama anggota komunitas agar kegiatan touring terasa lebih bermakna dan memberikan manfaat bagi sesama.

“Awalnya komunitas rembukan, ada satu masukan untuk distribusi sekalian touring, kebetulan di desa yang akan dilalui baru mengalami musibah banjir,” ungkapnya, Kamis 14 Juli 2022.

Sebelum pelaksanaan kurban, satu ekor sapi dikirim terlebih dahulu ke lokasi pemotongan dan distribusi. Selanjutnya, dari Kota Baubau, komunitas melakukan touring dan berhenti di Desa Kamaru untuk menyerahkan kurban kepada warga.

Kurban disembelih oleh warga setempat bersama komunitas pada Senin, 11 Juli 2022. Satu ekor sapi tersebut dibagi menjadi 78 paket daging dengan wadah balase yakni kerajinan warga lokal berupa anyaman dari daun kelapa sebagai pengganti kantong plastik.

Pada program ini, Kolaborasi KITA mengusung konsep Gerakan Ramah Lingkungan. Dimana seluruh komunitas menggunakan wadah nonplastik untuk membungkus paket daging kurban yang akan diberikan ke masyarakat.

Pras menambahkan, dalam proses pendistribusian daging kurban, komunitas sebelumnya telah berkoordinasi dengan pihak desa setempat untuk mencatat dan membagikan kupon-kupon kurban kepada warga penerima.

  • Bagikan