Festival Selat Tiworo, Belasan Kapal Asing Bakal Berlabuh di Mubar

  • Bagikan
Kadis Pariwisata Mubar, Ali Kadirun. (Foto Labulu)
Kadis Pariwisata Mubar, Ali Kadirun. (Foto Labulu)

MUBAR – Kabupaten Muna Barat (Mubar) mulai dilirik negara-negara luar. Pekan ini tersiar kabar beberapa kapal asing dari berbagai negara akan berkunjung di Mubar. Kedatangan mereka dalam rangka menghadiri Festival Selat Tiworo tahun 2022.

Kepala Dinas Pariwisata Mubar, Ali Kadirun menyebutkan turis asing yang akan masuk di Mubar berasal dari USA, Australia, Germany, Sweeden, Netherlands, British, France, dan Austria. Mereka ini datang dengan membawa bendera masing-masing.

“Dari total 22 kapal yang direncanakan masuk, baru 15 Kapal yang dilaporkan akan berlabuh di pelabuhan Tondasi. Posisi kapal-kapal dari berbagai negara itu sekarang sudah berada di Kota Baubau,” ungkapnya.

Pemkab Mubar tengah mempersiapkan diri dalam rangka penyambutan kunjungan kapal-kapal tersebut. Ada beberapa item kegiatan yang rencananya dipertontonkan kepada turis asing, yakni Tari Linda, Gambus, Silat Muna, Tari Bali, Tari Ngibi, Rambi Wuna, Reog Ponorogo, Perkelahian Kuda, dan beberapa item kegiatan lainnya.

Atraksi berbagai tradisi masyarakat tersebut lanjut dia, bagian dari promosi budaya lokal. Minimal ada pengakuan dari orang-orang luar, bahwa Indonesia banyak memiliki kultur budaya masyarakat termasuk Mubar.

  • Bagikan