Patung Oputa Yi Koo Mulai Dibangun

  • Bagikan
Peresmian patung Oputa Yi Koo di Kotamara, Baubau, Kamis, 22 September 2022. (Foto Darno Ufatma)
Peresmian patung Oputa Yi Koo di Kotamara, Baubau, Kamis, 22 September 2022. (Foto Darno Ufatma)

BAUBAU – Patung Pahlawan Nasional Sultan Himayatudin Muhammad Saidi atau biasa juga dikenal dengan nama lain Oputa Yi Koo resmi dibangun di Kota Baubau. Pembangunan patung ini ditandai dengan acara Ground Breaking yang dilakukan oleh Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi, Kamis (22/9/2022).

Dalam sambutannya, Ali Mazi menyebutkan kegiatan ini seyogyanya dilakukan pada tahun sebelumnya, setelah Oputa Yi Koo mendapat gelar pahlawan pada 07 November 2019, namun karena adanya pandemi covid sehingga pembangunannya ditunda hingga September 2022.

“Sebetulnya bukan cuma peletakan batu pertama akan tetapi pada saat itu kita harus melakukan syukuran, tempatnya sudah disepakati dilakukan di Kota Baubau namun karena situasi dan kondisi yang tiba-tiba datangnya covid yang melanda di seluruh dunia bahkan di Indonesia sehingga rencana itu ditiadakan dan hari ini baru dilaksanakan 22 September 2022 diawali dengan peletakan batu pertama dan melibatkan para tokoh adat,” ungkapnya dalam sambutannya.

Patung Oputa Yi Koo ini nantinya akan menjadi ikon baru di Sultra, dan menjadi destinasi wisata karena tidak semua daerah di Sultra memiliki sejarah yang panjang seperti yang ada di Kota Baubau. Selain itu, lokasi ini nantinya akan menjadi area terbuka yang dapat digunakan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan sehingga dapat menambah ruang publik kepada masyarakat.

  • Bagikan